EventFeaturedMinat KhususNewsRekomendasiUncategorized

Memukau ! Debut Kembalinya Beksan Lawung Ringgit

Setelah Ratusan Tahun, Beksan Lawung Ringgit Kembali Dipentaskan

JOGJATRAVEL.ID -YOGYAKARTA-Simposium Internasional Budaya Jawa yang diselenggarakan di Hotel Royal Ambarrukmo pada 9-10 Maret 2020 dibuka dengan penampilan yang menarik. Pada acara yang diadakan untuk memperingati Tingalan Dalem HB X ini, setelah ratusan tahun, Beksan Lawung Ringgit dipentaskan untuk pertama kalinya dengan kostum lengkap. Menyajikan penampilan yang apik dan merupakan pemandangan yang sangat jarang juga langka karena sudah ratusan tahun naskah tersebut.

Hal ini dikarenakan naskah dalam bentuk serat Kandha yang memuat tentang beksan ini, baru saja dikembalikan oleh British Library setahun lalu. Sejak diambil pasukan Inggris dalam peristiwa Geger Sepehi tahun 1812. Dalam peristiwa tersebut. Ribuan naskah dari perpustakaan keraton dijarah dan dibawa ke Inggris.Dengan kembalinya naskah tersebut, Beksan Lawung Ringgit ini berhasil direstorasi dan dipentaskan di depan umum. Bahkan Sri Sultan HB X sendiri mengucapkan terima kasih kepada pihak Inggris atas niat baik ini. “Terima kasih kepada pihak British Library yang sudah mengembalikan naskah ini ke Keraton Yogyakarta,” ujarnya pada Senin (9/3).

Beksan Lawung Ringgit

Beksan Lawung Ringgit yang merupakan karya Sri Sultan Hamengku Buwono I ini unik karena memadukan lawung (tombak) sebagai properti dan lampahannya seperti dalam ringgit (wayang). Ditarikan oleh enam orang, beksan ini kuat dengan karakter yang tegas. Keenam penari  merupakan enam tokoh dalam ringgit gedhog yang membawakan cerita Panji. Enam penari tersebut terdiri dari dua penari alus berkarakter impur. Dengan dua penari gagah berkarakter bapang, dan dua penari alus berkarakter kinantang.

Kali ini, Beksan Lawung Ringgit ditampilkan oleh KHP Kridhomardowo Keraton Yogyakarta dengan enam penari, yakni RJ Murpratamakumudamatoyo. Tidak hanya itu RJ Jalupronomatoyo, MJ Hendydanumatoyo, MJ Santosopujimatoyo, Indri Haris Y, Five Ihza Marchiano juga ikut menyajikan tarian. Menjadikan penampilan yang memukau dan  berhasil membawakan tarian ini dengan luwes. (Tra)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Close