DestinationsFeaturedKota JogjaKulinerMinat KhususNewsRekomendasiUncategorized

Tarumartani Cafe, Kopi Mengajarkan Sejarah

Tarumartani Cafe: Ngopi Sembari Menapaki Jejak Tarumartani

JOGJATRAVEL.ID -YOGYAKARTA- Tempat kopi yang biasanya hanya menjadi tempat untuk bercakap dan bersantai bersama kolega, bisa loh berubah menjadi lebih dari itu. Tarumartani Cafe menjadikan suasana tidak hanya nyaman untuk suasana yang santai untuk berbagi cerita, tapi juga bisa menjadi tempat menapaki dan menyusuri jejak sejarah.

Bagi warga Jogja, PD Tarumartani adalah kebanggaan. Betapa tidak, pabrik tembakau yang berusia nyaris seabad itu menjadi saksi hidup perjalanan industri rokok dalam negeri. Meski masih berproduksi, cafe ini kini makin menyesuaikan dengan perkembangan zaman melalui Tarumartani Cafe. Buka setiap hari mulai pukul 16.00 WIB hingga 24.00 WIB, kafe tersebut menjadi tempat menarik bagi wisatawan maupun masyarakat Jogja untuk menghabiskan waktu kala senja sambil menikmati secangkir kopi hangat bersama kawan.

Tarumartani Cafe
TARUMARTANI CAFE 2020 (Photo By Tra)
Suasana dan Menu yang Tersedia

Berada di salah satu sudut  halaman pabrik, Tarumartani Cafe mudah ditemukan. Dengan setting interior tradisional, lay out Tarumartani Cafe memang sengaja dibikin semiterbuka. Selain bangunan utama, pengelola kafe pun menyediakan tiga buah gazebo yang berada di taman halaman pabrik. Dengan begitu sembari bercengkerama dan menikmati menu kafe, pandangan pengunjung bisa langsung terarah ke bangunan pabrik.

Menu yang disediakan di cafe ini tak berbeda dengan tempat nongkrong pada umumnya. Hanya jika Anda pencinta kopi, kafe ini cuma menyediakan kopi jenis arabika yang diseduh dengan teknik manual brewing. Harganya pun relatif terjangkau, yakni tak lebih dari Rp15.000. Tak cuma kopi, jenis minuman lain pun ada dengan harga yang beragam, mulai dari Rp7.000 hingga Rp18.000. Begitu pula dengan makanan, tak hanya kudapan, kafe ini juga menyediakan beberapa ragam makanan “makanan berat” seperti soto ayam, nasi goreng, dan beberapa menu lainnya. Tentunya harga yang ditawarkan pun ramah di kantong.

Bagi para pencinta kopi, Tarumartani Cafe bisa jadi rujukan. Ditambah dengan latar gedung lawas pabrik PD Tarumartani yang berarsitektur industri kolonial, kafe itu menjadi tempat yang pas untuk bercengkerama, sembari sesekali mengambil gambar untuk diunggah ke Instagram. (Tra)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Close