FeaturedKota JogjaMinat KhususRekomendasiTips & AdvicesUncategorizedWisata Alam

Pasar Kebon Pring Nikmati Jajan Ndeso dan Angin Sungai

Menikmati jajanan dan sejuknya sungai

JOGJATRAVEL.ID -YOGYAKARTA- Wisata pasar di Jogja tidak hanya Pasar Beringharjo saja lho. Ada berbagai pasar dengan ciri khas masing-masing. Bahkan ada pula pasar yang jadi objek wisata minat khusus, yakni Pasar Kebon Pring di Jalan Wonosari, Dusun Bintaran Wetan, Bantaran Wetan, Srimulyo, Piyungan, Bantul. Saat akhir pekan, pengujung yang datang ke Pasar Kebon Pring ini cukup padat. Tidak hanya individu dan keluarga, tak jarang instansi dan komunitas atau kelompok tertentu sengaja berakhir pekan di pasar ini.

Pasar Kebon Pring sebenarnya merupakan lahan kosong di pinggir Kali Gawe yang penuh rumpun bambu. Maka namanya kebon pring yang artinya kebun rumpun bambu. Dengan kreatifitas warga setempat, lahan kosong tersebut dikelola dengan baik hingga menjadi tempat wisata yang bersih, sejuk, dan nyaman. Semilir angin yang bergesekan dengan rumpun bambu berpadu dengan gemericik air Kali Gawe dijamin akan membuat Anda betah berlama-lama di sini.

Pasar Kebon Pring (Photo By Tra )
Pasar Kebon Pring (Photo By Tra )
Kegiatan apa saja sih yang bisa di lakukan di pasar Kebon Pring ?

Bagi Anda yang datang bersama keluarga dan membawa anak-anak, mereka bisa bermain-main di aliran sungai yang tidak deras dan jernih. Bahkan Anda juga bisa lho menunggu mereka di sungai. Pasalnya ada bangku-bangku panjang yang diletakkan di aliran sungai yang bisa Anda gunakan untuk duduk sambil mencelupkan kaki. Bangku-bangku menjadikan kegiatan menghabiskan waktu bersama keluarga menjadi sangat santai.

Nah, sambil menikmati semilir angin dan gemericik air sungai, Anda bisa membeli makanan dan minuman tradisional yang dijual para penduduk setempat. Para penjaja kuliner di Pasar Kebon Pring memang warga sekitar Bintaran Wetan. Melalui objek wisata baru ini, mereka diharapkan dapat berdaya dan mendapatkan peluang untuk mencari nafkah di sini.

Ada banyak pilihan kuliner yang bisa Anda cicipi. Setidaknya ada sekitar 25 jenis makanan dan minuman tradisional yang dijual di Pasar Kebon Pring ini. Ada dawet, pecel, soto bathok, sate kere, kopi bumbung, es seruni, wedang jahe, gethuk, wedang sereh, mendoan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Jadi jangan ragu untuk menjajal kuliner tradisional di sini. (Tra)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Close