BantulDestinationsFeaturedKulinerMinat KhususNewsRekomendasiTips & Advices

Wisata Hits Bantul! Kampung Anggur Plumbungan

Segarnya Kampung Anggur Diawal Tahun

JOGJATRAVEL.ID – BANTUL- Awal Tahun yang juga merupakan waktu liburan sekolah  adalah saat ketika Jogja menjadi tujuan wisatawan dari berbagai daerah. Pariwisata menggeliat, objek-objek wisata diserbu wisatawan luar kota yang sengaja datang untuk menghabiskan waktu liburannya di Jogja. Pada saat kunjungan wisata meningkat seperti ini tak jarang ada objek wisata baru yang hits dan jadi idola, salah satunya Kampung Anggur.

Kampung Anggur berlokasi di Dusun Plumbungan, Desa Sumbermulyo, Bambanglipuro, Kabupaten Bantul atau wilayah selatan DIY. Saking viralnya kampung ini, ratusan wisatawan baik dalam maupun luar kota berdatangan setiap harinya ke kampung yang asri ini. Tak jarang mereka datang dengan rombongan bus wisata.

Apa yang membuat kampung ini viral? Tidak lain karena sekitar 85% warganya menanam pohon anggur di pekarangan rumah atau di kebun mereka. Buah-buah anggur bergelantungan di rumah-rumah warga. Wisatawan yang datang diperbolehkan membeli dengan memetik langsung dari pohonnya. Jadi tidak hanya membeli, wisatawan dapat bersosialisasi langsung dengan warga Plumburan yang ramah dan bertanya segala hal tentang budidaya anggur. Nah, jika anggur di satu rumah habis, wisatawan bisa berpindah ke rumah lainnya. Unik bukan?

Kampung Anggur
KAmpung Anggur (Photo by Tra )
Uniknya Kampung Anggur

Keunikan lainnya, anggur yang ditanam di Kampung Anggur ini berbeda dengan anggur unggu yang biasa dijual. Jenis anggur yang dibudidayakan adalah anggur Ninel asal Ukraina. Menurut Rio Aditya, salah satu penggagas kampung ini, anggur Ninel dipilih karena mudah dikembangkan dan perawatannya juga gampang. Varietas anggur Ninel juga tak mengenal musim dan dapat berbuah setiap tahun. Anggur ini dijual seharga Rp100 ribu per kilogram.

Menurut Rio buah anggur paling bagus dipanen pada bulan Juli hingga Oktober. Namun demikian, di akhir tahun pohon anggur masih tetap berbuah. Anda hanya perlu sabar berkeliling dari rumah ke rumah untuk mendapatkannya. Atau Anda juga bisa membeli bibit anggur yang dijual mulai dari Rp125 ribu per batangnya untuk dibawa pulang dan ditanam di rumah. Jadi bagi Anda yang sedang berwisata di Jogja, jangan lupa mampir ke kampung anggur yang tengah hits ini ya. (Tra)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Close