BantulDestinationsMinat KhususNewsRekomendasiTips & AdvicesUncategorizedWisata Alam

Berburu Senja dan Selfie di “Golden Gate” a la Kamijoro

Menikmati Senja di Jembatan "Golden Gate" ala Jogja

JOGJATRAVEL.ID -BANTUL- Jika Anda sering takjub melihat megahnya jembatan gantung Golden Gate di San Francisco yang panjangnya mencapai 2727 m, kini Anda bisa menikmatinya di Jogja lho. Yakni di Bendungan Kamijoro yang menghubungkan antara dua kabupaten yakni Bantul dan Kulonprogo. Pada bendungan tersebut, terdapat jembatan berwarna merah menyala sepanjang 161 meter.

Dengan struktur yang mirip Golden Gate Bridge jembatan ini menghubungkan antara Dusun Plambongan, Triwidadi, Pajangan, Bantul dan Dusun Kaliwiru, Tuksongo, Sentolo, Kulonprogo. Jembatan dengan lebar 3 meter ini juga dipasangi tali baja di sisi-sisinya, dan lampu penerangan bagi yang melintas di malam hari.

Nah, jika Anda sudah pernah datang ke sini saat siang, sesekali datanglah pada sore hari sekitar pukul 16.00 WIB. Sambil menikmati pemandangan sore dan hingga matahari tenggelam. Imaji akan indahnya cahaya langit sore yang terpantul pada air Sungai Progo. Mengingatkan Anda pada gambar-gambar megah Teluk San Francisco dengan Golden Gate Bridge yang melintang di atasnya.

Sentuhan dan suasana magis yang diciptakan pendar senja tentu akan memperkuat kesan timeless yang membawa suasana menjadi semakin syahdu.  Jembatan yang melintang diatas bendungan Kamijoro ini, menjadi salah satu bagian liburan yang tentu sayang dilewatkan oleh pelancong, apalagi yang mencintai berswafoto alias selfie.

Berburu Selfie  “Golden Hour”  Di Atas Jembatan “Golden Gate” a la Jogja 
Sunset Bendungan Kamirojo
Bendungan Kamirojo (Photo by Tra)

Bagi para pemburu senja, tentu saja menikmati senja hari dengan desau angin Bendungan Kamijoro yang sejuk belum cukup. Tenang saja, anda juga bisa berfoto dengan latar belakang langit senja. Tentu akan sangat indah jika dipajang pada akun Instagram Anda. Tapi ingat, berhati-hatilah saat mengambil gambar di jembatan. Sebab jembatan ini aktif difungsikan oleh masyarakat untuk menyebrang. Selalu berjalan di pinggir dan jangan mengganggu kendaraan yang lewat, ya.

Sebenarnya jembatan dan Bendungan Kamijoro ini memang sebuah proyek infrastruktur yang digarap oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang selesai dibangun pada 2018 lalu. Proyeknya tidak hanya membangun Bendung Kamijoro.

Tapi juga rehabilitasi saluran sepanjang 9,6 km, pekerjaan intake air baku, pembuatan rumah panel. Tidak hanya itu tapi juga melakukan penghijauan berupa taman di sebelah barat bendungan. Di situ, terdapat plaza terbuka untuk berkumpul, berfoto, dan bisa juga digunakan untuk kegiatan massal.

Selain ramai didatangi masyarakat untuk berwisata dan bersantai bersama keluarga, dari segi irigasi, adanya Bendung Kamijoro dapat meningkatkan intensitas tanam dari 205 persen menjadi 270 persen, lho. Sebab aliran air dari Bendung Kamijoro mampu mengairi sawah seluas 2.370 hektare dengan volume air sebesar 500 liter per detik.

Pun dengan pemadangan yang cantik, dan angin yang sejuk tak terkira Jembatan Bendungan Kamijoro tetap memiliki jasa yang besar bagi masyarakat dan lingkungan sekitarnya. Penasaran dengan si cantik yang berguna ini ?  Bagaimana, tertarik untuk datang ke Bandungan Kamijoro kala senja? Yuk masukan kunjungan ini ke dalam bucket list perjalanan anda. (Tra)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Close