Kota JogjaMinat KhususRekomendasiTips & AdvicesTravel GuideUncategorizedWisata Budaya dan Sejarah

Goa Sentono Menilik Goresan Waktu Di atas Batu

Goa Sentono Pahatan Sejarah Di atas Batu

JOGJATRAVEL.ID -YOGYAKARTA-Sejarah, mendengar kata itu apalagi saat sedang liburan di Jogjakarta. Rasanya sudah pasti akan membayangkan berbagai situs sejarah dan monument yang terdapat diberbagai sudut di Kota Jogja. Mulai dari berbagai bangunan bersejarah di tengah Kota. Dan tidak lupa juga menyambangi berbagai wisata sejarah yang berlokasi di alam terbuka yang menyenangkan.

Peninggalan sejarah, terutama masa kerajaan Mataram Kuno, tak terhitung jumlahnya di Jogja. Mulai dari candi, arca, hingga goa. Salah satunya adalah Goa Sentono yang berlokasi di Dusun Blambangan, Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Tak seperti goa pada umumnya yang cukup dalam dan panjang, Goa Sentono ini lebih mirip seperti ceruk karena dipahat pada susunan batu besar. Goa Sentono memiliki tiga ceruk dengan ciri khas yang berbeda.

Pada ceruk pertama, Anda akan melihat lingga dan yoni yang dipahat langsung pada lantai goa (monolith) serta relief Durga dan Resi Agastya di sebelah kanan dan kiri batu goa. Sedangkan pada bagian langit-langit, terdapat lukisan berbahan cat hitam yang menggambarkan seorang tokoh duduk di atas lapik berbentuk persegi dan lukisan sulur-suluran.

Pada ceruk kedua atau ceruk tengah, ada relief yang menggambarkan tiga arca dan juga sebuah lingga yoni. Sementara pada ceruk ketiga, Anda akan melihat sebuah relief yang terlihat belum selesai dibuat yang diperkirakan merupakan pahatan berbentuk kura-kura dan sebuah lubang yang kemungkinan dahulu digunakan untuk meletakkan objek pemujaan.

Goa Sentono pesona pahatan sejarah di atas batu
Pesona Pahatan Sejarah di Atas Batu, Goa Sentono ( Photo By Tra)

Goa yang sejuk dibalik pepohonan

Goa Sentono ini berjejer dari utara ke selatan dan dinaungi pohon-pohon besar yang teduh. Bagi Anda yang tertarik akan peninggalan sejarah, tak ada salahnya untuk datang ke sini sambil menikmati suasana pedesaan yang tenang. Apalagi goa ini juga masih satu kawasan dengan Candi Abang, jadi Anda bisa sekalian mampir ke sana.

Untuk mencapainya, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi ya karena angkutan umum belum mencapai daerah ini. Dari Jl. Jogja-Solo, beloklah ke kiri pada pertigaan Pasar Prambanan  menuju Jl. Jogja-Piyungan. Ikuti petunjuk ke arah Candi Abang, di kaki bukit Candi Abang, Anda sudah bisa menjumpai situs Goa Sentono yang nampak dari pinggir jalan.

Meniti langkah dibalik pohon-pohon yang sejuk dilengkapi angin sejuk. Perjalan ke Goa Sentono akan terasa sangat menyenangkan. Apalagi dengan sayup terdengar kegiatan masyarakat yang berada di desa sekitar. Tidak ada salahnya sekalian mampir ke Candi yang ada disekitar dan melengkapi berbagai kegiatan bersejarah yang mewarnai liburan. (Tra)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Close