BantulKulinerMinat KhususNewsRekomendasiTips & AdvicesUncategorized

Rendang ‘Sembunyi’ Dalam Telur Asin, Pernah Coba?

Ada Telur Asin Rasa Rendang

JOGJATRAVEL.ID -BANTUL- Berbicara wisata kuliner pasti tidak bakal ada habisnya kan ? Apalagi saat sedang berlibur kesuatu daerah yang baru dikunjungi. Pasti akan sangat penasaran mencoba kuliner baru yang belum pernah dijajal sebelumnya.

Salah satu daerah yang sering menjadi tujuan wisata adalah Bantul. Selain terus mejajal potensi wisata baru diberbagi wilayahnya. Bantul juga mengangkat potensi wisatanya yang lain. Dengan membuat berbagi makanan tradisional yang unik karya daerah kreatif dari warga Bantul.

Makan telur asin sudah menjadi hal yang biasa. Namun apa Anda pernah mencoba telur asin rasa rendang? Inovasi olahan makanan ini dibuat oleh ibu-ibu kelompok Peningkatan Peran Wanita Sehat Sejahtera (P2WKSS) Arum Ndalu Dusun Padokan Lor, Desa Tamantirto, Kecamatan Kasihan, Bantul sejak 2015.

Telur asin rasa rendang ini tampilannya tak berbeda dengan telur asin pada umumnya. Hanya saja, jika telur asin biasanya bercitarasa gurih. Telur asin ini punya citarasa rendang yang biasa Anda temukan di warung makan Padang.

Telur asin rasa rendang ini sudah didistribusikan ke seluruh wilayah DIY, bahkan hingga luar kota seperti Purworejo. Jika telur asin rasa original dijual seharga Rp3000, telur asin rasa rendang dijual Rp5000 per butirnya. Ingin mencoba? Anda bisa langsung memesan ke Padokan Lor.

Rasanya yang unik menjadikan Telur Asin khas Bantul ini sangat menggugah selera. Ditambah lagi dengan harganya yang cukup terjangkau, dengan citarasa yang tidak usah dipertanyakan. Telur asin ini sangat cocok dibawa pulang untuk oleh-oleh yang unik.

Telur asin dengan Cita Rasa Rendang
Telur asin dengan Cita Rasa Rendang Khas Bantul ( Photo By Tra )
Penasaran dengan cara membuat telur asin ini ?

Cara membuatnya pun sederhana. Pertama-tama, telur dibersihkan dari kotoran yang menempel di kulit dengan cara digosok dan dicelupkan ke air. Setelah itu, telur diamplas secukupnya. Tujuannya agar bumbu makin mudah meresap ke telur lewat pori-pori yang terbuka. Telur yang telah diamplas pun kembali dibasuh dengan air. Agar sisa amplas yang masih menempel bisa hilang.

Lalu siapkan adonan untuk membungkus telur. Caranya bata merah yang telah dihaluskan dimasukkan dalam baskom besar, ditambah dengan bumbu rendang dan garam krasak diuleni sedikit demi sedikit dengan menambahkan air. Jika adonan telah tercampur sempurna, telur bebek siap dibungkus.

Telur bebek yang telah terbungkus adonan tersebut kemudian disusun dengan rapi di wadah. Nah ini dia bedanya. Jika telur asin original hanya perlu didiamkan selama seminggu, telur asin rasa rendang harus didiamkan dua minggu. Selama masa peram dua minggu itu, setiap dua hari sekali telur harus dikucuri sedikit air agar bumbu tidak kering. Sebab jika kering, maka rasanya tidak dapat meresap. Saat proses peram selesai, adonan dibuka, dan telur direbus sekitar 30 menit sampai matang.

Walaupun sudah didistribusikan keberbagai tempat, tentu saja tidak ada salahnya menikmati rasa otentik telur asin rasa rendang ini saat berkunjung ke  Bantul. Tentu saja akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan setelah membeli Telur asin rasa rendang lalu, langsung meluncur ke pantaipantai diberbagi wilayah di Bantul. (Tra)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Close