BantulDestinationsFeaturedMinat KhususNewsRekomendasiUncategorized

Viral ! Taman Bunga Enceng Gondok Paling Hits di Bantul

Taman Bunga A la Jepang di Pundong Bantul

JOGJATRAVEL.ID – BANTUL- Bantul memang tidak pernah kehabisan ide baru untuk menyajikan destinasi wisata baru yang unik dan berbeda dengan destinasi wisata lain. Kali ini Bantul menyajikan Taman Bunga yang unik dan jarang sekali terjadi. Terlebih lagi, taman bunga yang dimaksud adalah bunga dari tanaman yang sering dianggap hama. Yaitu, tanaman Enceng Gondok, yang konon bunganya hanya tumbuh setahun sekali.

Di dusun Kalinampu Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong Bantul bunga enceng gondok bermekaran lalu mulai  menjadi destinasi wisata. Pengelola yang diinisiasi oleh pemuda setempat menggunakan konsep wisata musiman ditepi sungai opak dengan properti mirip di Jepang.

“Konsep kita itu menghadirkan nuansa ala Jepang ditepi sungai Opak sehingga diharapkan dapat menjadi daya tarik bagi mereka yang suka selfie ataupun fotografi,” kata Kasanatul Rahmat, perintis destinasi wisata enceng gondok di Kalinampu kepada Jogjatravel.id.

Destinasi wisata yang baru pertama kali dibuka itu bernamakan Kalinampu Natural Park. Kata Rahmat daya tariknya destinasi yang dikelolanya ini terletak pada keindahan bunga enceng gondok di tepian sungai. Untuk memberi kesan mirip di Jepang, pengelola menambahkan spot foto berupa replika gerbang Torii.

“Kita lengkapi dengan properti pendukung lainnya, seperti kipas, payung dan baju kimono yang merupakan pakaian tradisional di Jepang agar lebih menarik bagi pengunjung,” ucap Rahmat.

Destinasi wisata Kalinampu Natural park ini sebenarnya berawal dari munculnya fenomena bunga enceng gondok yang ada di sepanjang tepian sungai opak. Menurut Rahmat enceng gondok sebenarnya setiap tahunnya selalu mudah ditemui di sungai Opak.

“Namun tidak setiap tahun berbunga. Tahun ini, baru seminggu ini, kebetulan bunganya mekar bersamaan. Kemudian kita jadikan destinasi wisata saja kan lumayan bisa meningkatkan perekonomian,” terangnya.

Menurut dia, tanaman enceng gondok ditepian sungai opak biasanya berbunga saat musim peralihan, antara kemarau dan penghujan. Bunga yang mekar hanya akan bertahan dalan kurun waktu sekitar satu bulan, setelahnya bunga perlahan akan layu.

Jangan lupa catat harga tiket dan lokasinya ya !
Taman bunga enceng gondok yang viral di Bantul.( Photo by KC)

 

“Di sini pengunjung hanya membayar Rp 5 ribu untuk tiket masuk dan parkir kendaraan roda dua. Sedangkan untuk roda empat dikenakan tarif Rp 10 ribu rupiah. Kalau sewa properti seperti kipas dan payung pengunjung cukup membayar seikhlasnya saja,” jelasnya.

“Lalu kalau ingin sewa baju kimono bayar Rp 25 ribu. Itu sudah termasuk dapat properti kipas dan payung,” lanjut Rahmat.

Sementara itu Lurah Desa Seloharjo, Marhadi Badrun mengaku sangat mendukung kegiatan pemuda dusun Kalinampu untuk membuka destinasi wisata dengan memanfaatkan potensi yang ada diwilayahnya.

“Sebagai lurah desa saya mendukung. Pemanfaatan potensi yang dimiliki dimasing-masing wilayah menjadi sebuah destinasi wisata,” ungkap Badrun. (KC)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Close