FeaturedKota JogjaMinat KhususNewsRekomendasiTips & AdvicesUncategorized

Jual-Beli ‘Kenangan’ Di Pasar Senthir Jogja ! Berani Coba ?

Berburu Barang Antik di Pasar Senthir

JOGJATRAVEL.ID -YOGYAKARTA- Jalan-jalan menikmati suasana malam di sepanjang Jalan Malioboro sudah biasa. Tapi pernahkah Anda mencoba berburu barang antik di Pasar Senthir? Sebuah pasar malam yang terletak di utara tembok Benteng Vredeburg.

Mungkin wisatawan luar kota tak tahu banyak keberadaan pasar yang cukup tersembunyi ini, yakni berada di lahan parkir selatan Pasar Beringharjo. Pasalnya pada pagi hingga sore hari, lahan tersebut memang difungsikan sebagai tempat parkir kendaraan bermotor.

Pasar Senthir biasanya baru buka mulai pukul 19.00 WIB hingga tengah malam. Makin malam, pasar ini juga makin ramai karena beberapa penjual baru mulai menggelar lapaknya pada malam hari. Penamaan senthir pun berangkat dari sejarah ini. Pasalnya sejak dahulu kala, para pedagang hanya mengandalkan senthir atau lampu api sebagai penerangan untuk berjualan.

Meski tak banyak wisatawan luar kota yang tahu, bagi warga Jogja, pasar yang hanya buka pada malam hari ini cukup legendaris lho. Pasar loak ini telah ada sejak puluhan tahun lalu dan menjadi magnet tersendiri bagi warga Jogja. Khususnya bagi mereka yang suka barang antik dan unik.

Suasana Jual Beli di Pasar Senthir (Photo By Tra)
Barang istimewa apa saja sih yang ada di Pasar Shentir?

Dengan berbagai jenis barang antik dan unik yang diperjual-belikan, pasar Shentir bisa menjadi pilihan wisatawan loh untuk mencari oleh-oleh maupun kado yang berkesan dari Jogja. Dan tidak ada salahnyakan mengabadikan kenangan berlibur dijogja dengan membawa kenang-kenangan yang unik dan berkesan klasik.

Para calon pembeli biasanya kan berkerumun pada lapak-lapak yang mereka minati. Segala hal hampir bisa Anda temukan di sini. Mulai dari buku, majalah, kartu pos lawas, sepatu, gawai, aneka barang elektronik, sandang, uang koin kuno, kain batik, kaset, onderdil motor atau mobil yang kebanyakan merupakan barang bekas. Meskipun beberapa waktu terakhir ada juga yang menjual barang-barang baru di Pasar Senthir. Soal harga tenang saja, rata-rata harga barang yang dijual di sini bisa Anda tawar kok.

Pasar Senthir buka setiap hari. Namun jika hari hujan, Anda harus menelan kecewa karena pasar ini sepi karena tidak ada kios seperti pasar tradisional pada umumnya. Para pedagang menggelar dagangannya di atas paving dengan terpal ataupun karung yang mulanya digunakan untuk membawa barang. Nah, bagi Anda penggemar barang antik dan unik, Pasar Senthir bisa jadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi di Jogja. (Tra)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Close