FeaturedKota JogjaMinat KhususNewsRekomendasiTips & AdvicesTravel GuideWisata Budaya dan Sejarah

Uniknya Belanja dan Belajar Sejarah Hanya Di Pasar Kotagede

Pasar Kotagede: Pasar Lawas Sarat Sejarah

JOGJATRAVEL.ID-YOGYAKARTA- Ada begitu banyak pasar tradisional di Jogja, namun Pasar Legi Kotagede atau yang lebih dikenal sebagaimana Sargede atau Sarlegi cukup spesial. Pasalnya pasar yang berlokasi di Jl. Mentaok Raya, Purbayan, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta, DIY 55173 ini merupakan pasar lawas yang sarat sejarah.

Pasar Kotagede, menjadi tempat yang tepat untuk berhenti sejenak sambil melihat titik-titik jejak sejarah yang masih terasa disana. Saat berwisata ke wilayah Kotagede, merupakan pilihan yang cukup menyenangkan untuk mampir dan ikut menikmati suasana Pasar Tradisoonal yang khas. Tidak hanya itu terkadang berbelanja juga menjadi pilihan, terlebih dengan bervariasinya pilihan yang ada di Pasar Kotagede.

Pasar Kotagede telah berdiri sejak zaman Panembahan Senopati, sekitar abad ke-16. Meskipun telah beberapa kali direnovasi, namun letak pasar tidak berubah sejak zaman Mataram. Pasalnya Pasar Kotagede merupakan bagian dari konsep Catur Gatra Tunggal yang berarti empat tempat atau wahana menjadi kesatuan tunggal. Keempatnya meliputi pasar sebagai pusat perekonomian, alun-alun sebagai pusat budaya masyarakat, masjid sebagai pusat peribadatan, dan keraton sebagai pusat kekuasaan.

Bahkan hingga kini bentuk bangunan aslinya tetap dipertahankan. Masih diapit oleh Monumen Jumenengan Sri Sultan Hamengkubuwono IX yang disebut dengan Pacak Suji di sisi timur laut, dan gardu listrik induk tempo dulu yang dikenal dengan sebutan Babon Aniem di sisi barat laut pasar. Pelatarannya rimbun dengan pepohonan yang berjajar rapi, dan tentu saja selalu penuh sesak dengan aktivitas jual beli, khususnya pada hari pasaran Legi.

Penasaran ada apa saja dihari pasaran Legi ?

Pasar Kotagede akan semakin ramai jika hari pasaran Legi, pedagang akan tumpah ruah hingga sekeliling pasar. Pedagang burung dengan sangkar-sangkarnya yang bertumpuk, pedagang bunga dan tanaman toga, pedagang barang-barang bekas, obat, ternak, hingga batu akik datang berduyun-duyun. Pasar Kotagede memang sarat sejarah dan tidak pernah sepi.

Suasana pasar tradisonal, membuat seakan sedang dibawa kedalam pusaran sejarah. Tidak ada salahnya menjadi, salah satu wisatawan yang juga ikut tergoda untuk tercebur dalam kegiatan perbankan yang terasa akrab. Liburan ke kota Yogyakarta tentu akan semakin lengkap dengan mampir ke pasar Kotagede.

Pada hari-hari biasa, pelataran di sebelah utara pasar akan dijejali pedagang hingga pukul 09.00 WIB, sedangkan di bagian dalam rata-rata tutup pukul 14.00 WIB. Ada pedagang sayur, buah, lauk pauk, daging, alat masak, jamu, hingga jajan pasar yang siap memenuhi kebutuhan Anda. Nah, bagi Anda yang tidak sempat datang pagi dan ingin menikmati jajanan pasar khas Jogja saat sore, datang saja ke Pasar Kotagede sekitar pukul 16.00 WIB. (Tra)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Close