Kota JogjaMinat KhususNewsRekomendasiUncategorized

Selokan Istimewa di Tepi Sungai Gajah Wong

Serunya Memberi Makan Ikan di Tepi Sungai Gajah Wong

JOGJATRAVEL.ID – JOGJA- Kampung di bantaran sungai pada umumnya kumuh dan kotor. Tetapi salah satu sudut kampung di tepi Sungai Gajah Wong, tepatnya Kampung Mrican, Kelurahan Giwangan, Kecamatan Umbulharjo, Jogja kini menjadi tempat wisata yang asri dan bersih. Anda bisa bersantai sambil memberi makan ratusan ikan di sana.

Jika anda sedang traveling Jogja dengan keluarga dan anak-anak. Tidak ada salahnya untuk mampir. Tempat wisata sederhana ini bisa menjadi alternative untuk edukasi anak mengenai kehidupan disungai. Dan juga mengenai pentingnya kebersihan. Tidak hanya itu sambil belajar juga dapat sekaligus menikmati sejuknya alam.

Memang, mulanya tempat itu dipenuhi banyak lumpur dari limbah saluran jalan kota yang hampir menutup saluran irigasi setebal 50 sentimeter. Kian hari kian kotor dan banyak sampah.
Dampak dari penumpukan sampah tersebut dirasakan langsung oleh warga. Terutama ketika musim hujan air meluap, sekitar rumah warga akan terendam dan bau menyengat tercium dimana-mana. Akibatnya, berbagai penyakit seperti demam berdarah dengue (DBD) dan diare menjangkiti warga setempat.

Saat itulah para pemuda setempat berinisiatif untuk membuat jaring sampah yang dipasang di sekitar selokan yang ada di area tersebut. Sekaligus menebarkan bibitikan dan menyulap sudut sungai tersebut menjadi tempat wisata. Tempat wisata yang dinamai Bendhung Lepen itu kini jadi salah satu tempat favorit warga untuk berkumpul dan bercengkerama, terutama anak-anak.

Ikan- Ikan dalam seokan ditepi sunga gajah wong (photo by Tara )
Kenapa harus mampir ?

Melihat tingginya ketertarikan pengunjung  terhadap ratusan ekor ikan nila di kolam dan selokan yang ada di Bendhung Lepen, pengelola tak kehilangan akal. Mereka menyediakan makanan ikan yang bisa Anda beli. Murah saja. Hanya dengan Rp2000 Anda sudah bisa melihat lahapnya ikan-ikan menyambar makanan. Dengan memberi makan ikan, pengunjung, terutama anak-anak, diberikan edukasi untuk selalu menjaga kebersihan kolam dan selokan. Sehingga mereka akan terbiasa untuk menjaga kelestarian alam, terutama ekosistem sungai.

Setelah puas memberi makan ikan, Anda bisa duduk-duduk di gazebo yang telah disediakan. Nah, untuk bisa menikmati suasana asrinya taman sembari ditemani gemericik air Sungai Gajah Wong, Anda tak perlu repot-repot membayar tiket masuk. Lantaran konsepnya ruang publik, siapa saja boleh masuk ke Bendhung Lepen tanpa membayar biaya alias gratis. Meski gratis, jangan dikira Bendhung Lepen minim fasilitas. Saat berada di taman, Anda dijamin tak akan kelaparan dan kehausan karena ada setidaknya dua toko kelontong dan satu warung angkringan di sekitar taman. (Tara)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Close