DestinationsRekomendasiSlemanTips & AdvicesUncategorized

Museum Ullen Sentalu bukan Museum Membosankan !

Belajar Budaya sambil berwisata di museum Ullen Sentalu

JOGJATRAVEL.ID – YOGYAKARTA- Museum kadang lekat dengan kesan membosankan. Apalagi dengan stigma bahwa saat kita berada dimuseum akan terasa seram karena suasana seaakan berada dalam masa lalu. Namun, museum bisa menjadi salah satu alternative Wisata edukasi yang sangat menyenangkan loh. Suasana yang tenang dan ritme wisata yang slow dan juga pameran berbagai barang yang memanjakan mata bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Museum Ullen Sentalu kesan seram dan  membosankan  itu tidak bakal Anda rasakan. Belajar budaya Jawa serasa menyenangkan karena dilakukan sambil beriwsata menikmati berbagai koleksi yang dipamerkan. Bahkan museum yang letaknya tak jauh dari Taman Rekreasi Kaliurang ini pernah dinobatkan sebagai museum terbaik di Indonesia oleh Trip Advisor pada 2015 lalu, lho.

Museum Ullen Sentalu adalah museum yang awalnya merupakan koleksi pribadi keluarga Haryono. Dibangun pada tanah seluas 11.990 m2, museum ini mulai dirintis tahun 1994 dan diresmikan pada 1 Maret 1997. Nama Ullen Sentalu adalah singkatan dari “Ulating Blencong Sejatine Tataraning Lumaku” yang berarti “nyala lampu blencong merupakan petunjuk manusia dalam melangkah dan meniti kehidupan”.

Ada apa aja sih di Museum Ullen Sentalu ?

Anda akan didampingi oleh pemandu untuk memasuki Museum Ullen Sentalu. Pemandu akan menerangkan segala hal yang berkaitan dengan budaya Jawa lewat koleksi yang ada. Memasuki area museum, Anda akan disambut oleh suasana rindang pepohonan yang berada di area outdoor.

Lantas masuk ruangan museum yang pertama, “Gua Selo Giri”. Di dalamnya terdapat keterangan singkat tentang museum, seperangkat gamelan jawa yang merupakan hibah dari keluarga Keraton Jogja, dan lukisan-lukisan tarian adat. Dijelaskan pula sejarah dan penggambaran kehidupan para raja, ratu, maupun para puteri di Keraton Jogja dan Solo melalui foto dan lukisan.

Selanjutnya ruangan “Kampung Kambang” yang terdiri dari beberapa bagian.  Di antaranya ruangan yang berisi surat-surat penghiburan yang dikirim oleh keluarga Puteri Tineke, seorang puteri keraton yang patah hati karena cintanya tidak disetujui. Lalu ruangan yang berisi barang-barang pribadi dan lukisan Ratu Mas, istri dari Sunan Pakubuwono X, raja Keraton Solo yang paling kaya. Juga ruangan khusus GRAy Siti Nurul Kusumawardhani atau Gusti Nurul, puteri Keraton Solo yang tersohor karena kecantikannya.

Menuju ruang pamer terakhir, Anda akan berjalan melewati selasar berdinding kaca yang memutar menuju satu bangunan utama yang berisi lukisan dan patung penari Bedaya Ketawang dalam pakaian tarian adat yang berbeda antara Jogja dan Solo. Perlu diingat, Anda tidak bisa diperbolehkan untuk mengambil foto koleksi museum. Tapi tenang saja, sekeluarnya dari ruang pamer terakhir, Anda akan diberi waktu untuk berfoto. Siapkan pose terbaik ya!

Rindanganya Museum Ullen Senyalu ( Photo By Tara)

Waktu buka dan Harga Tiket

Jika anda sedang berwisata ke Yogyakarta dan ingin mampir ke museum Ullen Sentalu, perhatikan dulu alamat, jadwal buka tutup museum dan harga tiketnya ya!

Untuk anda yang belum tahu alamat dari museum Ullen Sentalu, Museum ini berada di Jl. Boyong Taman Wisata Kaliurang suasana yang rindang dan teduh sudah pati menggoda deh untuk suasana berlibur yang berbeda dari biasanya!

Untuk jadwal Buka sendiri, Museum ini sendiri buka dari hari Selasa – Jumat pada pukul 8.30 -16.00 WIB sedangkan untuk hari Sabtu dan Minggu buka sejak pukul  8.30 – 17.00 WIb ya ! Janga lupa juga museum Ullen Sentalu tutup pada hari Senin.

Fasilitas Museum Ullen Sentalu juga lengkap. Mulai dari toko souvenir, restoran, toilet, dan musala. Untuk tiket masuk, Anda harus membayar seharga Rp 40.000 bagi orang dewasa dan Rp 20.000 untuk anak-anak berusia 5-12 tahun. Sedangkan bagi wisatawan manca, harganya Rp100.000 bagi orang dewasa dan Rp60.000 bagi anak-anak dan pemegang KITAS.

Memang cukup mahal, namun sebanding dengan pengetahuan dan pengalaman yang akan Anda dapatkan. Tur yang yang terkonsep dengan rapi dan menarik merupakan nilai plusnya. Museum Ullen Sentalu sangat cocok Anda kunjungi jika ingin belajar tentang budaya Jawa. (Tara)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Close