EventKota JogjaMinat KhususNewsRekomendasiUncategorized

Ayo Sekaten ! Saksikan Pameran Sekaten 1-9 November 2019

Pameran Sekaten diisi berbagai Acara

JOGJATRAVEL.ID -YOGYAKARTA- Budaya memang tidak bisa dilepaskan saat membicarakan Yogyakarta. Berbagai acara budaya sering sekali diselenggarakan di Yogyakarta. Dengan banyaknya event budaya yang ada, tentu saja kita tidak ayal menyebut Jogja sebagai Kota Budaya. Nah, dibulan November ini salah satu event budaya yang menjadi salah satu yang paling ditunggu-tunggu masyarakat dan juga wisatawan yang datang ke Yogyakarta yaitu Sekaten.

Sekaten sendiri adalah perayaan memperingati Maulud Nabi Muhammad SAW. Acara ini sendiri, merupakan acara yang diselenggarakan oleh Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Pada tanggal 3 Oktober 2019 diadakan press conference mengenai kapan akan dilaksanakannya Pameran Sekaten. Dengan narasumber GKR Bendara dan juga PH Notonegoro, Press Conference yang bertempat di Bale Raos Keraton Yogyakarta ini mengumumkan bahwa Sekaten akan dilaksanakan pada tanggal 01-09 November 2019.

Catat waktu dan tempatnya ya !

Sekaten yang merupakan acara Budya paling ditunggu masyarakat pun memang akan didahului dengan Pameran Sekaten yang akan berlangsung selama sembulan hari dengan waktu dan tempat sebagai berikut:

Tanggal : 1 – 9 November 2019

Pukul     : 09.00 – 21.00 WIB

Tempat : Bangsal Pagelaran dan Kompleks Sitihinggil Keraton Yogyakarta

Jangan lupa tema dan juga berbagai rangkaian acara menarik lainya .

Pameran sekaten tahun 2019 ini mengangkat tema “Sri Sultan Hamengku Buwono I: Menghadang Gelombang, Menantang Zaman”. Dengan beberapa topik pameran meliputi

  • Biografi Sri Sultan Hamengku Buwono I
  • Peran Sri Sultan Hamengku Buwono dalam Sejarah
  • Karya Sri Sultan Hamengku Buwono I
  • Obyek terkait Sri Sultan Hamengku Buwono I
  • Anugerah pahlawan kepada Sri Sultan Hamengku Buwono I

Selain yang tersebut diatas ada juga berbagai rangkaian acara lain yang juga menjadi bagian dari Pameran Sekaten.  Ada juga berbagai agenda pendukung salah satunya adalah Tur Kuratorial yaitu ulasan ahli terhadap berbagai jenis koleksi yang dipamerkan yang dikemas dalam sebuah kegiatan diskusi terbuka, pelatihan seni yang dapat menjadi salah satu wahana interaktif bagi pengunjung yang mengunjungi Pameran Sekaten.

Baca Juga :  Museum Ullen Sentalu bukan Museum Membosankan !

Bukan itu saja, ada juga berbagai lomba salah satunya adalah lomba Karawitan yang akan diikuti oleh tingkat Sekolah Dasar dan juga tingkat Sekolah Menengah Pertama se- DIY.  Berbagai pertunjukan dan juga perlombaan seni dapat dimanfaatkan masyarakat sebagai ruang bagi komunitas, sanggar atau juga institusi seni untuk dapat tampil dan mengisi acara setiap hari di Bangsal Pagelaran.

Tidak hanya berbagai kegiatan seni ada juga diskusi film budaya sebagai ruang diskusi terbuka bagi masyarakat pecinta film. Ruang diskusi yang dibuka untuk umum ini dapan menjadi bagian untuk bisa mendiskusikan berbagai film ataupun dokumentasi audio visual budaya yang menjadi kolekso Keraton Yogyakarta dan juga instansi lainnya.

(Sumber: Visitingjogja.com)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Close