Kota JogjaKulonprogoNewsUncategorized

Mewujudkan Kereta Menuju YIA

Akhir 2019, Proses Pembangunan Jalur Kereta Bandara Dimulai

JOGJATRAVEL.ID– YOGYAKARTA- Akses menuju Yogyakarta International Airport (YIA) tentu saja menjadi salah satu hal yang sangat penting dalam memudahkan para wisatawan dan juga warga Yogyakarta untuk dapat dengan mudah menuju bandara

Proses pembebasan lahan proyek kereta bandara di Kulonprogo kini tengah dilaksanakan. Untuk mempercepat pembebasan lahan pihak Direktorat Jenderal Perkeretaapian sudah melakukan koordinasi dengan BPN.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementrian Perhubungan, Zulfikri memperkirakan sepertinya prosesnya pembebasan lahan untuk proyek kereta bandara akan cepat diselesaikan. Karena sampai saat ini, berdasarkan hasil komunikasi terakhir tidak ada kendala di lapangan. Pihaknya menargetkan pembebasan lahan tersebut akan selesai di akhir bulan September.

“Target optimis September (2019), target pesimis Februari 2020),”tutur Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementrian Perhubungan, Zulfikri di Yogyakarta, Rabu (24/7/2019).

Pembangunan Stasiun Kereta Menuju YIA

Untuk akhir 2019, pihaknya menargetkan sudah akan memulai proses konstruksi bangunan. Dan pemerintah menargetkan pembangunan jalur kereta bandara tersebut berlangsung selama 2 tahun dan tahun 2021 sudah bisa digunakan untuk operasional bandara.

Panjang jalur kereta Bandara dari Kedundang hingga ke Bandara Yogyakarta International Airport mencapai 5,7 kilometer (km). Proses pembangunannya akan dilakukan secara pararel di mana lahan yang sudah dibehaskan akan dibangun terlebih dahulu.

“Nanti gabungan elevated dan at grade,”terangnya. Menurutnya, pembangunan jalur kereta bandara Kulonprogo sudah masuk dalam Program Strategis Nasional (PSN). Sehingga memang harus segera dilaksanakan dan diselesaikan. Sebab, jalur kereta bandara ini untuk menjamin terintegrasinya moda transportasi di Bandara YIA.

Ia menambahkan, kereta bandara ini memang didesain khusus sebagai kereta bandara. Jalurnya juga akan bersebelahan dengan jalur yang kini masih aktif. Di samping itu, kereta-kereta jarak jauh yang berpotensi juga akan diberhentikan di Stasiun Kedundang.

“Untuk armadanya saat ini sudah ada satu. Ke depan kalau sudah beroperasi kita akan tambah lagi satu,”ungkapnya.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Close