FeaturedKota JogjaNewsUncategorized

Award Istimewa untuk DIY

Daerah Istimewa Yogyakarta meraih penghargaan tertinggi IAA

JOGJATRAVEL.ID-YOGYAKARTA-Daerah Istimewa Yogyakarta meraih penghargaan tingkat platinum dalam Indonesia’s Attractiveness Award (IAA) di bidang pariwisata. Penghargaan platinum merupakan tingkat tertinggi dalam IAA, dan capaian ini diraih DIY yang masuk klasifikasi provinsi sedang dari sisi perekonomian. Penghargaan IAA diterima secara langsung oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Jakarta pada Selasa (23/07) malam dan diserahkan oleh Menteri Pariwisata RI Ir. Arief Yahya.

Ditemui usai menerima penghargaan, Sri Sultan mengungkapkan, “Saya kira apa yang dilakukan oleh Tempo dan Frontier ini bagus, semoga saja memotivasi kinerja Pemerintah Daerah, karena proses penilaian mulai dari identifikasi, survei, hingga penjurian akhir ini menjadi sangat menentukan dalam IAA”. Senada dengan Gubernur DIY, Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo, SH, M.Ed. menuturkan bahwa capaian ini merupakan capaian yang dibangun bersama, sebagai sektor andalan, pariwisata akan terus menjadi unggulan di DIY. “Award ini bukan tujuan utama, tetapi sebuah pengakuan bahwa apa yang kita lakukan sudah on the track. Sehingga capaian ini memberikan semangat baru bagi kita untuk selalu memajukan pariwisata demi kesejahteraan masyarakat DIY”, pungkas Singgih.

Indonesia’s Attractiveness Award merupakan salah satu penghargaan bergengsi yang digagas oleh Tempo Media Group bersama Frontier Consulting Group. Penilaian berdasarkan daya tarik terbaik yang mengacu pada empat dimensi, meliputi investasi, pelayanan publik, infrastruktur dan pariwisata. Riset yang dilakukan melibatkan investor dan publik untuk memperoleh data mengenai daya tarik di sektor investasi, infrastruktur, layanan publik dan pariwisata untuk tingkat 413 kabupaten, 95 kota dan 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Proses penilaian IAA melalui tahap penyaringan dan pengolahan data, melakukan survei, serta verifikasi data. Sedangkan tahap terakhir yaitu penjurian telah dilakukan pada tanggal 24-28 Juni 2019 terhadap 48 nominator kabupaten, kota dan provinsi. Hasilnya, Tim Juri memutuskan untuk memberikan penghargaan Indonesia Attractiveness Award 2019 kepada Pemda DIY, sebagai pemenang Platinum Provinsi Sedang Kategori Pariwisata dalam Indonesia Attractiveness Award 2019.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Close