DestinationsKaranganyarMinat KhususRekomendasiWisata Budaya dan Sejarah

De Tjolomadoe, Pabrik Gula Yang “Reborn”

Belajar sejarah di Museum De Tjolomadoe

JOGJATRAVEL.ID – Karanganyar – Museum De Tjolomadoe atau dulunya adalah sebuah pabrik gula yang dipakai pada jaman Belanda dengan nama Colomadu. Kini pabrik gula ini diubah menjadi sebuah destinasi wisata di Kabupaten Karanganyar

Museum De Tjolomadoe menempati lokasi yang luas,  sehingga semakin menarik perhatian wisatawan baik domestik maupun asing  yang berkunjung ke Karanganyar, Solo dan sekitarnya.

Museum De Tjolomadoe ini memiliki koleksi mesin-mesin dari jaman Belanda dan tertata dibangunan tua yang telah direnovasi dengan bagus. Jadi selain dapat menampilkan rasa kuno asli, Museum ini juga memperlihatkan bagaimana suasana asri dan sejuk khas jaman dulu.

Disamping menampilkan mesin kuno buatan German, Museum De Tjolomadoe juga memperlihatkan sejarah perjuangan pembangunan pabrik gula ini.

Untuk melihat-lihat koleksi mesin kuno dari pabrik gula, tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam  kita cukup membayar Rp. 25.000 per orang. Kita sudah bisa menikmati berbagai koleksi yang dipamerkan oleh museum ini.

Ketika memasuki ruangan museum De Tjolomadoe, kita bisa menemukan roda mesin besar yang kini dibatasi dengan kaca untuk melindunginya.

Semakin masuk kedalam, ditemukan sejarah tentang berdirinya pabik gula Tjolomadoe oleh Mangkunegara IV pada tahun 1861.

Yang tak kalah menarik adalah, ditampilkannya beberapa bangunan asli yang ditampilkan secara milineal sehingga sangat instagramable dan disukai oleh anak muda.

Pembangunan museum ini ditampilkan dalam sebuah film yang cukup bagus.

Setelah selesai berkeliling, kita bisa minum kopi di café yang berada di dalam museum.

Baca Juga :  Museum Ullen Sentalu bukan Museum Membosankan !
Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Close