KulonprogoNewsWisata Budaya dan Sejarah

Sugriwa Subali Sang Penyelamat Dewi Tara

Sendra Tari Sugriwa Subali di Gua Kiskendo

JOGJATRAVEL.ID – Kulonprogo – Kisah Sugriwa Subali dalam tarian kolosal disuguhkan di Gua Kiskendo Jatimulyo, Kulonprogo Jogjakarta. Kisah ini diambil dari cerita Ramayana yang sangat terkenal di Indonesia. Penampilan tarian kolosal ini dilaksakan dalam rangka Menoreh Night Festival, 6 Juli 2019.

Dikisahkan dalam tarian tersebut Sugriwa dan Subali menyelamatkan nyawa Dewi Tara dari cengkeraman Mahesasura dan Lembusura. Mahesasura sendiri adalah seorang raja hutan Kiskendo. Dengan tubuhnya yang besar dan berkepalau kerbau ini, diceritakan Mahesasura memiliki kesaktian yang luar biasa.

Kisah penyelamatan Dewi Tara oleh Sugriwa dan Subali dibawakan dalam sebuah tarian yang menarik dan atraktif. Meski tariannya cukup pendek sekitar 30 menit ,namun sudah bisa membawa penonton larut didalamnya. Apalagi dengan berlatar belakang pohon-pohon dengan cahaya lampu, semakin membawa suasana semakin indah.

Meskipun hawa dingin menyelimuti tubuh ratusan penonton yang hadir, namun seolah mereka tidak mau beranjak dari tempat duduknya untuk tetap menikmati tarian ini. Demikia pula saya, yang dating dari Jogjakarta menempuh perjalanan sekitar 1 jam, tidak mau menyia-nyiakan waktu.

Sambil melihat tarian Sugriwa Subali ini, kita bisa menikmati hangatnya  minuman teh ataupun kopi yang dijajakan oleh masyarakat sekitar. Dan tentu saja, makanan khas Kulonprogo yakni geblek tidak luput dari perhatian.

Terobatilah perjalan yang menanjak dari Jogjakarta ke Gua Kiskendo setalah melihat tarian Sugriwa Subali.

Baca Juga :  Gumuk Pasir Parangkusumo Penguji Adrenalin dengan banyak "Rahasia"
Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Close