DestinationsKulonprogo

Ini Yang Lagi Hit di Kulonprogo, Wisata Musiman Bunga Tebu

Menikmati Wisata Musiman Bunga Tebu yang lagi mekar

JOGJATRAVEL.ID – Kulonprogo– Wisata Musiman Bunga Tebu di hamparan tebu di Dusun Gendu, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo kini menjadi destinasi wisata baru Kulonprogo. Saban sore menjelang malam, obyek wisata ini banyak dikunjungi wisatawan.

Yang membuat wisata musiman bunga tebu ini menjadi jujugan wistatwam lantaran memiliki pemandangan nan menawan. Berlatar perbukitan menoreh, tak ayal membuat lokasi ini jadi daya tarik tersendiri terutama bagi penggila foto.

Wisata musiman bunga tebu ini bisa dijadikan bagi wisatawan atau traveler yang sedang berlibur di Jogjakarta. Ataupun bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Jogjakarta khususnya yang suka swafoto atau selfi.

Perihal wisata musiman bunga tebu ini, Ketua Unit Pengelola Kebun Tebu Gendu, Adi Warsito mengatakan ramainya kunjungan wisatawan mulai muncul sejak bunga tebu bermekaran pada Maret lalu. Saban hari, sedikitnya 200 orang datang ke sini. “Sementara untuk hari libur bisa meningkat antara 500 sampai ribuan orang. Kebanyakan mereka datang untuk berfoto karena memang sudah kami sediakan spot, ” papar Adi belum lama ini.

Pengujung biasanya datang kala mentari terbit. Namun pada bulan Ramadan, dominasi kunjungan terjadi pada sore menjelang malam, atau sebelum azan magrib berkumandang. Kebanyakan para pengunjung sengaja datang untuk ngabuburit.

Untuk menikmati hamparan tebu tersebut, pengunjung hanya dikenakan Rp2.000 untuk parkir motor dan Rp5.000 bagi pengguna mobil. Di samping itu pengelola menyiapkan kotak sukarela bila pengunjung ingin menyumbangkan dana seikhlasnya guna perawatan sejumlah spot foto. Untuk diketahui spot foto dibuat swadaya oleh pengelola. “Rencananya mau kami tambah,” ujarnya.

Adi berpesan, bagi wisatawan yang ingin datang ke obyek wisata ini setidaknya sebelum masuk bulan Juli. Sebab di masa itu bunga tebu mulai berguguran. Ini juga mengingat bunga itu hanya bertahan empat bulan sejak mekar pada Maret lalu. “Ketika libur Lebaran nanti, bunga tebu masih mekar sehingga kalau mau ke sini masih bisa lihat,” ucapnya. (ROD)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Close