News

Batik Air Resmi Membuka Jalur Penerbangan Ke YIA

Siap sambut arus mudik ke Jogjakarta

JOGJATRAVEL.ID – Kulonprogo – Tepat pukul 09.05 WIB, pesawat Airbus 320 milik maskapai penerbangan Batik Air mendarat di bandara baru Kulonprogo, Yogyakarta International Airport (YIA). Pendaratan pesawat Batik Air tersebut menjadi tanda dimulainya rute baru dari maskapai penerbangan ini di YIA.

Di tanggal 29 Mei 2019 ini, selain melakukan penerbangan inagurasi dari Bandara Halim Perdana Kusuma ke YIA, Batik Air juga melakukan penerbangan perdana ke Palangkaraya. Penerbangan ke Palangkaraya ini mereka lakukan pukul 09.50 WIB dari YIA.

Managing Director Lion Group, Kapten Daniel Putut Kuncoro Adi mengatakan, dapat digunakan dalam mempersiapkan hari raya Idul Fitri. Posisi bandara yang berada di Kecamatan Temon Kulonprogo menurutnya cukup strategis bagi calon penumpang.

Calon penumpang dari berbagai daerah Jawa Tengah bagian selatan seperti Purworejo, Kebumen, Muntilan, Magelang hingga ke Cilacap dapat terakomodir di bandara YIA. Dan Lion Air Group telah mempersiap rute penerbangan dari YIA untuk menangkap pasar penumpang yang cukup potensial tersebut.

“Saya kira pasar di Jawa Tengah bagian selatan cukup potensial untuk kita garap,”ujarnya usai mengikuti penerbangan Inagurasi Batik Air di YIA, Rabu (29/05/2019).

Batik Air sendiri rencananya hari ini terbang dari Halim Perdana Kusuma ke YIA kemudian dilanjutkan ke Palangkaraya dan kembali lagi ke YIA. Sambutan masyarakat akan rute penerbangan ini ternyata cukup bagus karena tingkat keterisian kursi yang disediakan Batik Air cukup besar.

Untuk penerbangan dari Halim Perdana Kusuma ke YIA sudah terisi sekitar 107 orang penumpang masing-masing bisnis 4 orang dan ekonomi 103 orang. Sementara kapasitas kursi yang disediakan sebanyak 140 seat.

Dan untuk penerbanga ke Palangkaraya juga terisi sekitar 59 orang penumpang. Namun untuk yang dari Palangkaraya kembali ke YIA sudah terisi penuh 140 orang penumpang. Jumlah tersebut merupakan bukti respon masyarakat cukup bagus.

Baca Juga :  Dicari IMBA Coffee ! Si Tersembunyi Andalan Pencinta Kopi

“Ini menunjukkan YIA semakin dikenal. Dan ke depan semoga semakin baik,”tambahnya.

Selain melakukan dua penerbangan tersebut, ke Palangkaraya dan Jakarta pihaknya juga melakukan penerbangan ke Samarinda dan juga Ngurah Rai Bali.  Pihaknya optimis keterisian kursi dari penerbangan mereka ke YIA cukup bagus ke depannya.

Menurutnya, potensi YIA ini cukup bagus terbukti penerbangan ke Samarinda ataupun Palangkaraya sudah penuh hingga H-1 sebelum lebaran. Sementara untuk arus balik mulai H+2 hingga H+7, reservasi tiketnya sudah di atas 70 persen.

Ia menambahkan rute-rute yang mereka ajukan ke YIA tersebut adalah rute baru, bukan merupakan rute peralihan dari Bandara Internasional Adisutjipto. Ke depan, jika pasar semakin bagus maka kemungkinan adanya penambahan rute yang lain bisa dilaksanakan.

“Kita lakukan 4 tujuan dulu. Untuk penerbangan ke Samarinda kemungkinan kita laksanakan tanggal 1 Juni mendatang. Nanti ke depan bisa saja ditambah,”tuturnya.

Kray, 23, mahasiswa asal Palangkaraya yang kebetulan naik pesawat tersebut mengaku gembira dengan dibukanya penerbangan langsung ke Palangkaraya. Sebab, selama ini untuk menuju ke Palangkaraya memang harus transit terlebih dahulu ke Jakarta.

“Tiketnya pun masih terjangkau,”ujarnya.(Ing)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Close