KulonprogoNews

Cek Penerbangan Yang Turun di Yogyakarta International Airport

21 Extra Flight Ke Yogyakarta Diarahkan di YIA

JOGJATRAVEL.ID – Kulonprogo – 21 penerbangan ekstra (Extra Flight) selama lebaran yang menuju ke Yogyakarta akan dialihkan dari Bandara Adisutjipto ke Bandara baru Kulonprogo, Yogyakarta International Airport (YIA). Sebagian besar extra flight tersebut memang masih berasal dari Bandara Soekarno-Hatta Jakarta.

Hal tersebut diungkapkan oleh General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto, Agus Pandu Purnama usai menghadiri rapat Forkompinda DIY  hadapi Lebaran di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Senin (20/05/2019).

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap libur lebaran, maskapai penerbangan akan mengajukan tambahan untuk memenuhi lonjakan jumlah penumpang. Penumpang pesawat terbang akan meningkat ketika libur lebaran karena adanya tradisi mudik.

Pandu menyebutkan, hingga tanggal 18 Mei 2019 kemarin, sudah ada 21 jadwal tambahan yang diajukan oleh pihak maskapai untuk libur lebaran nanti. Rencananya, pihak otoritas bandara Adisutjipto akan mengarahkan penerbangan tambahan tersebut ke YIA.

“Jadi sampai hari ini sudah ada 21 jadwal penerbanga ekstra yang diajukan. Dan kita akan arahkan ke YIA,”tutur laki-laki yang juga menjabat Pelaksana Tugas Sementara (PTS) GM YIA ini.

Dengan adanya penerbangan tambahan ini, maka YIA akan semakin ramai dengan pengunjung. Karena tak hanya penerbangan ekstra, maskapai Batik Air juga akan melakukan penerbangan pertama mereka dari YIA.

Pandu menambahkan, mulai tanggal 24 Mei 2019 nanti, Batik Air akan membuka jalur baru dari YIA dengan 4 tujuan. 4 tujuan tersebut masing-masing di antaranya ke Bandara Soekarno Hatta, Bandara Ngurah Rai, Palangkaraya dan Samarinda.

“Batik air akan melakukan penerbangan mulai pukul 09.15 WIB dan berakhir 18.00 WIB secara reguler setiap hari,”paparnya.

Pandu menyebutkan, minat masyarakat untuk menggunakan pesawat terbang yang mendarat di Bandara YIA semakin bertambah. Hal tersebut terlihat dari grafik peningkatan jumlah penumpang sejak tanggal 6 Mei 2019 lalu yaitu ketika Citilink melakukan penerbangan pertama.

Runway Yogyakarta International Airport

Pandu mengungkapkan, penerbangan pertama Citilink di YIA jumlah penumpangnya hanya 30 orang. Namun hari ini jumlahnya sudah meningkat pesat menjadi di atas 50 orang perhari. Dan kemungkinan besar Citilink juga akan menambah jumlah penerbangan ke YIA tersebut. (Ing)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Close