Destinations

Candi Plaosan Lor Sebagai Bukti Cinta Sang Suami Terhadap Istri

Perpaduan budaya Budha dan Hindu

JOGJATRAVEL.ID – Klaten – Candi Plaosan Lor, sebuah kawasan candi megah perpaduan arsitektur Hindu dan Budha. Namun sayang, candi ini sering terlupakan oleh travelers yang berkukunjung ke Jogjakarta.

Konon Candi Plaosan Lor, dibangun sebagai pembuktian cinta dari Rakai Pikatan yang beragama Hindu, untuk istrinya Pramodhawardani yang beragama Buddha. Beberapa masyarakat sekitar menyebut dengan candi cinta, karena kisah romantisme sang suami terhadap istri.

Candi Plaosan Lor ini diperkirakan dibangun pada abad ke-9 pada era kerajaan Mataram Kuno. Kompleks Candi Plaosan Lor terdiri dari dua bangunan yang sama persis, hanya saja satu candi berkisah tentang pria dan satu candi berkisah tentang wanita. Tampilannya yang begitu eksotis, dan bumbu cerita yang turun temurun tentang candi cinta ini membuat Candi Plaosan Lor ini sering digunakan sebagai tempat untuk melakukan sesi foto pre wedding.

Lokasi Candi Plaosan Lor ini hanya berjarak sekitar 2,6 km dari candi Prambanan dan Candi Sewu. Sesudah mengunjungi candi-candi yang terkenal, wisatawan ada baiknya mengunjungi candi ini. Candi Plaosan Lor ini memberikan nuansa yang berbeda, terasa lebih asri karena menyatu dengan areal persawahan di sekitarnya, nampak anggun menjulang ditengah hamparan persawahan.

Memasuki kompleks candi Plaosan Lor akan terlihat satu stupa besar di sebelah kanan dan dua penjaga, arca Dwarapala. Di kompleks utama, nampak dua bangunan megah yang sama persis bentuknya. Akan tetapi ukiran reliefnya yang membedakan kedua candi ini.

Kompleks candi Plaosan Lor ini disebut perpaduan candi Hindu dan Budha karena pada candi ini terdapat candi-candi perwara atau candi pendamping, yang mana biasanya itu hanya ada pada kompleks candi Hindu. Selebihnya adalah adanya stupa dan patung-patung Buddha yang menegaskan bahwa di sini adalah candi untuk pemujaan agama Buddha.

Pada sisi Utara candi, terdapat bangunan luas yang terbuka, dan dikelilingi oleh patung-patung Dewa dalam Agama Budha. Beberapa orang menyukai duduk-duduk di sini sambil bermeditasi, karena tempatnya memang begitu menenangkan. Tapi apabila Anda menyukai untuk berfoto saja, disini juga menarik karena deretan patung dapat menjadi latar bagi foto Anda.

Kelebihan lain dari Candi Plaosan ini adalah, apabila Anda datang pada sore hari, maka Anda akan mendapati pemandangan indah matahari terbenam atau sunset dengan siluet candi-candi yang ada. Pastinya keindahan Candi Plaosan Lor ini, akan sulit dilupakan.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Close