DestinationsSleman

Candi Sambisari, Candi ‘Dibawah Tanah’

Menelusuri candi Hindu abad 9, Sambisari

JOGJATRAVEL.ID – Sleman – Bagi wisatawan yang ke Jogjakarta, Candi Sambisari mungkin tidak sepopuler Candi Borobudur atau Candi Prambanan. Namun Candi Sambisari yang terletak di Dusun Sambisari, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman memiliki keunikan tersendiri dari letak candi, yakni berada ‘dibawah tanah’.

Untuk mengunjungi Candi Sambisari wisatawan hanya perlu membayar Rp5.000 untuk wisatawan lokal, dan Rp10.000 untuk mancanegara. Ditambah untuk parkir motor Rp2.000 dan mobil Rp5.000. Lokasinya juga cukup mudah dijangkau, dari bandara Adisutjipto kearah utara menuju Dusun Sambisari hanya sekitar 5 menit.

Letak Candi Sambisari ini memang sedikit berada di bawah dari jalan pintu masuk lingkungan candi, wisatawan harus melewati beberapa anak tangga untuk turun mendekat ke candi.

Untuk wisatawan yang suka berfoto, Candi Sambisari ini juga merupakan tempat yang bagus. Tentu pemandangan dari tempat yang lebih tinggi dari letak candi membawa keunikan tersendiri. Sekeliling kawasan candipun nampak sejuk dengan pepohonan, dan rumah-rumah warga disekitar kanan-kiri luar area candi.

Candi Sambisari sendiri merupakan candi Hindu dari abad ke-9, dan ditemukan tahun 1966 yaitu saat seorang petani sedang mencangkul tanah milik Karyowinangun dan terbentur batu ukir reruntuhan batu candi. Berita tersebut lalu direspon kantor Arkeologi di Prambanan, kemudian dilakukan proses penggalian dan rekonstruksi selesai pada Maret 1987.

Berdasarkan arsitektur dan bentuk ornament Candi Sambisari memiliki kemiripan dengan Candi Prambanan yang berlatar belakang keagamaan bersifat Siwaistis. Terdapat patung-patung dewa Hindu dan terdapat Lingga-Yoni di dalam candi utama. Lingga adalah salah satu perwujudan dari Dewa Siwa, Yoni adalah perwujudan dari Sakti (istri Siwa). Selain itu terdapat patung Durga Mahisasuramardhini (utara), Ganesa (timur), Agastya (selatan), serta Mahakala dan Nandiswara sebagai penjaga pintu. (Oke)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Close