DestinationsGunungkidulNews

Wisata Religi di Jogjakarta Selatan

Menelusuri Jejak Peninggalan Sunan Kalijaga

JOGJATRAVEL.ID – Gunungkidul – Wisata religi di bulan Ramadhan merupakan salah satu yang cukup disukai. Hal ini di sebabkan bulan suci Ramadan merupakan salah satu momentum bagi umat muslim untuk semakin meningkatkan ibadah dan keimanan kepada sang pencipta.

Wisata religi merupakan kegiatan yang positif . Salah satu tujuan untuk berwisata religi di masjid peninggalan wali sanga. Konon masjid ini adalah peninggalan Sunan Kalijaga, sehingga diyakini umurnya cukup tua.

Jika sedang liburan di Jogjakarta, coba lakukan wisata religi ini dengan singgah di wilayah selatan Daerah Istimewa Yogyakarta. Mengunjungi tempat bersejarah peninggalan leluhur yang berada di dusun Blimbing, desa Girisekar, kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul.

Sesepuh warga, sekaligus takmir masjid, Marjiyo (68) menceritakan bahwa pertama kali bangunan yang didirikan bukan merupakan masjid, melainkan Tajuk. Tajuk merupakan bangunan kecil untuk beribadah.

“Dibangun kurang lebih pada tahun 500 Masehi. Selain Tajuk juga dibangun sebuah sumur yang letaknya di sebelah selatan Tajuk,” kata Marjiyo, kepada jogjatravel.id.

Tajuk didirikan oleh Sunan Kalijaga untuk tempat beribadah Ki Ageng Pemanahan. Ki Ageng Pemanahan atau yang memiliki nama muda Ki Bagus Kacung berada di wilayah tersebut sedang menjalankan semedi atau tapa untuk mencari petunjuk mengenai wahyu keraton atas arahan Sunan Kalijaga.

Disela menjalankan rutinitas bertapa di sebuah bukit yang mulanya bernama Kembang Semampir Tajuk digunakan oleh Ki Ageng Pemanahan untuk beribadah. Letak Tajuk berjarak sekitar beberapa ratus meter dari dari lokasi bertapa yang kini dikenal dengan sebutan Kembanglampir.

Pada jaman penjajahan Belanda kubah Tajuk sempat hilang. Namun hilangnya kubah Tajuk berbahan tanah liat tersebut diakibatkan oleh perbuatan orang-orang Belanda. Kubah hilang tanpa diketahui keberadaannya usai Tajuk dibakar oleh penjajah.

Baca Juga :  Museum Ullen Sentalu bukan Museum Membosankan !

Untuk saat ini, kubah Tajuk yang terpasang merupakan kubah baru yang dibeli oleh masyarakat sekitar.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Close