DestinationsKota JogjaWisata Budaya dan Sejarah

Situs Warungboto, Jejak Sejarah Yogyakarta

Liburan sambil mengenal sejarah Jogjakarta

JOGJATRAVEL.ID – Jogjakarta –  Situs Warungboto merupakan destinasi sejarah yang bisa dikunjungi saat liburan di Jogjakarta. Memang Yogyakarta memiliki tempat yang tidak ada habisnya untuk berwisata. Tidak cukup satu hari untuk mengunjungi Kota yang terkenal dengan julukan Kota Pendidikan dan Kota Budaya ini. Berbicara masalah Budaya berbagai peninggalan sejarah ada di kota ini.

Situs Warungboto, adalah salah satu peninggalan sejarah yang masih tersisa Dikenal juga sebagai Pesanggrahan Rejowinangun, situs Warungboto berlokasi diantara Kelurahan Rejawinangun, Kecamatan Kotagede dan Kelurahan Warungboto, Kecamatan Umbulharjo.

Lokasinya situs Warungboto tidak begitu jauh dari pusat kota Jogja sekitar 4-5 Km. Untuk menuju akses tersebutpun mudah bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Keunikan arsitektur yang dimiliki situs Warungboto menjadikan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan sejak beberapa tahun terakhir. Bangunan yang didominasi warna cokelat dengan kolam (umbul) dibagian tengah dan lorong-lorong menjadi objek foto yang menarik bagi wisatawan.

Pengunjung yang datang ke objek ini tidak dikenakan biaya masuk hanya saja perlu membayar parkir untuk kendaraan roda dua yaitu Rp 3.000 sementara untuk mobil dikenakan biaya Rp10.000.

Berdasarkan data dari Balai Pelestarian Cagar Budaya DIY yang mengutip sumber Tidjschriff voor Nederlandsch Indie tulisan J.F. Walrofen Van Nes tahun 1884, Babad Momana serta Serat Rerenggan dijelaskan bahwa Pesanggrahan Rejawinangun mulai dibangun pada tahun 1711 Jw (1785 M) yang merupakan karya putra mahkota yaitu KGPAA Hamengkunegara, kelak pada tahun 1792 naik tahta bergelar Sri Sultan Hamengku Buwana II. Di dalam babad Momana disebut angka tahun pembuatan pesanggrahan 1711 tahunDal, Kanjeng Gusti awit yasa ing Rejawinangun..(Oke)

Baca Juga :  Ini Tempat Ngopi Yang Tersembunyi
Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Close