DestinationsKulinerSleman

Kopi Keceh Sambil Kekeceh

Liburan bersama keluarga sambil menikmati kopi keceh

JOGJATRAVEL.ID – Sleman – Kopi keceh menjadi salah satu pilihan untuk menikmati liburan lebaran yang tidak lama lagi. Biasanya moment lebaran dimanfaatkan oleh masyarakat untuk saling bersilaturahmi guna menambah keakraban antara satu keluarga dengan keluarga yang lain.

Kumpul bersama keluarga sambil menikmati kopi keceh sambil menikmati suasana alam desa nan sejuk dan damai Desa Wisata Flory atau Kampung Flory di Kabupaten Sleman Yogyakarta. Karena di kampung ini, tak hanya suasananya yang membebaskan anak-anak bereksplorasi di alam terbuka karena di tempat ini juga menyajikan aneka kuliner yang Yummi di lidah.

Di Kampung Flory ada pilihan resto yang menarik yakni Resto Kopi Keceh dan Bali Ndeso. Keduanya memiliki armosfer sama berupa gaya etnik khas pedesaan dan ruang makan terbuka yang langsung menghadap pemandangan alam nan segar. Aliran sungai yang bisa dimanfaatkan untuk bermain anak-anak akan menambah suasana semakin berselera.

Salah satu menu yang paling banyak diburu wisatawan di Kampung Flory ini tak lain minumannya, Kopi Keceh. Minuman Kopi Keceh sengaja dihadirkan karena selain menikmati berbagai menu yang ada, pengunjung juga bisa ‘Kekeceh’ atau bermain air sepuasnya.

Karena di Kampung Flory ini ada kolam yang cukup besar seukuran kolam renang yang dipenuhi dengan bola warna-warni di atas air. Tak hanya itu, perosotan serta ayunan di atas kolam menambah segar suasana di bawah rerimbunan pohon bambu ini.

Barista Kedai Kopi Keceh Kampung Flory Ilham Bayu Risnaldi mengatakan Kopi Keceh ini merupakan kopi susu dengan campuran ketan hitam, dengan pemanis dari gula merah. Kopi yang digunakan jenis robusta dari Temanggung Jawa Tengah. Kombinasi unik akan muncul karena ada beberapa bahan yang memang sebelumnya tak ada di tempat lain.

Baca Juga :  Ini Tempat Ngopi Yang Tersembunyi

“Rasa Kopi Keceh ini unik berkat campuran ketan hitam dan gula merahnya yang memberi sensasi legit. Dan ini mungkin satu-satunya di DIY,” ujarnya.

Ciri robusta Temanggung yang kempel atau padat dengan sedikit rasa gurih saat dicampur susu membuat rasa Kopi Keceh makin menggigit. Tentu hal ini akan membuat pengunjung selalu teringat untuk kembali ke kampung tersebut.

Harga segelas Kopi Keceh tentu sangat bersahabat bahkan tak menguras kantong. Karena untuk menikmati segelas Kopi Keceh, pengunjung cukup membayar Rp 18 ribu saja.

Menu lain yang tak kalah segar untuk menemani santai di kampung Flory ini Kopi Leci. Minuman ini mungkin sejenis mochito atau sparkling, dengan bahan kopi arabika yang dicampur dengan bahan seperti buah leci, lemon, air soda, tonik, dan daun mint.

“Campuran ini menghasilkan rasa kopi yang menyegarkan. Harga segelas Kopi Leci pun hanya Rp.15 ribu. Jika tak suka kopi, bisa juga memesan es kelapa muda yang diminum langsung dari batoknya,”tambahnya.

Saat perut lapar, untuk menu makan berat di Kampung Flory banyak pilihan paket yang juga tak menguras kantong. Menu andalannya terutama ikan air tawar yang dimasak bakar atau goreng.

Pilihan menu yang paling banyak dipesan seperti Gurame Goreng Lada Hitam dan Nila Bakar. Pengunjungpun bisa menikmati paket makan sesuai dengan kebutuhan.

Misalnya ada namanya Paket Juragan (untuk enam orang) yang isinya berupa satu ekor gurame jumbo (masak asam manis atau lada hitam atau bakar), lima ekor Nila Bakar, satu bakul nasi putih, satu porsi ca kangkung, satu porsi ca brokoli, enam gelas teh manis, enam botol air mineral, enam gelas jus jambu plus seporsi buah segar yang harganya Rp.325 ribu.

Baca Juga :  Ini Tempat Ngopi Yang Tersembunyi

Tak hanya itu, paket perorangan atau disebut Paket Priyayi bisa dinikmati bagi yang ingin makan sendiri. Paket ini isinya menu ayam atau nila masak goreng atau bakar plus seporsi nasi, tahu goreng, lalapan dan sambal yang harganya mulai Rp 18-22 ribu per paket.(Ing)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Close