KulinerGunungkidul

Berburu Kuliner Jadul di Pasar Ekologis Argowijil

Sensasi khas kuliner tradisonal jadul di Gunungkidul

JOGJATRAVEL.ID – Gunungkidul – Kuliner jadul kini menjadi buruan bagi penggemar kuliner dan wisatawan yang liburan di Jogjakarta . Banyak pecinta makanan ini bosan dengan makanan cepat saji dan makanan kekinian.

Bernostalgia dengan makanan jadul, kita patut untuk mengunjungi pasar ekologis Argowijil yang terletak didesa gari karangtengah kecamatan wonosari. Pasar ekologis Argowijil ini berada kurang lebih 10 kilometer dari ibu kota kabupaten Gunungkidul, Wonosari.

Menu makanan jadul disini yang sering dicari wisatawan ataupun pengunjung yaitu bonggol (terbuat dari kulit ketela), bothok manding (terbuat dari parutan kelapa dan manding), glinding doro, thiwul dan es jenang ijo (kombinasi antara es dawet dan jenang ijo).

Harga dari makanan jadul inipun relatif murah. Jadi wisatawan tidak perlu khawatir dengan biaya. Nah, kita bisa menikmati makanan jadul ini setiap hari Sabtu dan Minggu. Kecuali selama Ramdhan, bukanya sore hari.

Awalnya pasar ekologis Argowijil ini dulunya sebuah bekas tambang galian batu, dengan dibantu pemerintah kabupaten Gunungkidul waktu itu terbentuk lah sebuah pasar ekologis Argowijil ini.

Naryanto selaku lurah pasar mengatakan bahwa di pasar ekologis Argowijil ini terdapat ratusan makan jaman dulu, meski begitu seiring berjalannya waktu makanan makanan kekinian mulai merambah masuk ke pasar ini, akan tetap dengan mengusung konsep kuliner jaman dulu pasar ekologis argowijil ini tetap mengutamakan kuliner tradisional.

Tempatnya yang jauh dari perkotaan membuat nuansa tersendiri bagi kalian yang ingin menikmati suasana pedesaan dibalut dengan suasana ngabuburit, selain itu tempatnya yang bersih cocok untuk bersantai bersama teman maupun keluarga, karena dipasar ini jika beruntung juga bisa menikmati sunset. (Edo).

Baca Juga :  Serah Jabatan GM Platinum Adisucipto Hotel & Conference Center Yogyakarta
Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Close