News

Kereta Bandara, Jogjakarta – Wojo – YIA

Jawab kekhawatiran masyarakat akan jarak dari kota Jogjakarta ke YIA

JOGJATRAVEL.ID – Jogjakarta – Kereta Bandara mempermudah penumpang yang akan bepergian melalui  Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulonprogo. Jarak dari Kota Yogyakarta menuju ke Bandara YIA memang cukup jauh. Namun demikian, masyarakat yang ingin pergi ke Bandara YIA tidak perlu khawatir karena adanya kereta bandara ini.

Untuk melayani penumpang, kereta bandara disiapkan pemerintah melalui dua Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yaitu PT KAI dan Perum Damri . PT KAI telah menjalankan kereta bandara sementara Perum Damri  telah mengoperasikan bus mereka untuk shuttle bus.

Beroperasinya kereta bandara ini, Manager Humas KAI DAOP VI, Eko Budiyanto mengatakan titik awal pemberangkatan KA Bandara dari Stasiun Maguwo Sleman menuju Stasiun Wojo di Purwerejo, Jawa Tengah. Kereta Bandara ini akan berhenti di Stasiun Tugu Kota Yogyakarta, Stasiun Wates Kulonprogo, dan Wojo Purwerejo Jawa Tengah.

“Kami kenakan tarif Rp30 ribu kepada penumpang KA Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulonprogo. Tarif tersebut berlaku untuk sekali perjalanan,”kata Eko.

Waktu tempuh Stasiun Maguwoharjo ke Staisun Wojo sekitar 45 menit. Penumpang yang sudah sampai di Stasiun Wojo akan melanjutkan perjalanan ke Bandara YIA dengan menggunakan bus Damri. Tarif Bus Damri dibandrol  Rp.10ribu sekali jalan.

Di awal beroperasi, KA Bandara berangkat satu kali sehari pulang pergi dari stasiun Maguwoharjo menuju Stasiun Wojo. Penumpang bisa membeli tiket di loket stasiun Maguwoharjo, Stasiun Tugu, Stasiun Wates, dan Stasiun Wojo.

“Sementara untuk pesan tiketnya masih Go Show,”ujarnya.

Meski saat ini jadwal kereta api  bandara baru sekali jalan setiap harinya, namun ke depan DAOP VI akan menambah frekuensi perjalanan KA Bandara. Jumlah slot perjalanan akan disesuaikan dengan banyaknya slot penerbangan di Bandara YIA.

Penambahan jadwal kereta bandara tersebut juga akan disinkronkan dengan penerbangan di Bandara YIA. Sehingga penumpang terlayani dengan baik karena kereta bandara memang difungsikan untuk memberikan layanan kepada penumpang di bandara YIA.

Kereta Bandara juga diupayakan tiba di stasiun Wojo satu jam sebelum jadwal penerbangan pesawat. Setelah itu, penumpang akan dialihkan menggunakan Bus Damri untuk masuk ke dalam bandara.

“Ada 12 bus Damri. Perjalanan dari Wojo ke bandara sekitar 10-15 menit,”terangnya. (Ing)

Berikut jadwal Kereta Bandara dengan rute Stasiun Maguwoharo – Wojo dan dari stasiun Wojo – Maguwoharo

 

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Close