DestinationsFeaturedSleman

Candi Barong, Keindahan Tersembunyi Diatas Bukit

Belajar keberagaman saat liburan di Jogjakarta

JOGJATRAVEL.ID – Candi Barong, merupakan candi Hindu yang ada di Jogjakarta. Candi Barong ini terletak di Dusun Candisari, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan ini. Bila Anda pernah mengunjunginya beberapa tahun lalu,  maka Anda harus mengunjunginya kembali. Saat ini, Candi Barong memiliki penampilan yang lebih cantik dengan taman di sekitarnya.

Untuk menikmati keindahan candi Barong ini, sebaiknya dari jarak yang agak jauh, yakni dari jalan setapak di pinggiran taman, untuk mendapatkan penampang dari sisi samping. Atau Anda dapat memasuki halaman candi dan temukan hamparan anak tangga yang menyambut kedatangan Anda. Anak tangga yang lebar ini Dari tempat ini, Anda dapat melanjutkan berjalan keatas dan menemukan candi yang berukir kala.

Lokasi Candi Barong ini adalah lokasi perbukitan kapur dengan kondisi tanah yang relative kurang subur. Bisa jadi itu adalah alasan mengapa jaman dulu nenek moyang kita mendirikan Candi Barong, karena seperti diketahui, Candi Barong adalah candi yang dulunya digunakan oleh umat beragama Hindu untuk pemujaan terhadap Dewa Wisnu dan Dewi Sri sebagai pengharapan mendatangkan berkah kesuburan, sehingga dapat membawa peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat.

Candi Barong ini oleh masyarakat sekitar juga dikenal sebagai Candi Surogedug. Adapun penyebutan Candi Barong dikarenakan adanya ukiran berbentuk kala pada masing-masing sisi candi, kala inilah yang dijuluki sebagai barong.

Keunikan lain dari Candi Barong yang bercorak Hindu ini terletak bersebelahan dengan sebuah situs Candi Dawangsari yang bercorak Buddha yang terletak di sisi tempat parker sepeda motor. Disini Anda akan mendapati stupa-stupa yang ukurannya cukup besar, hanya sayangnya sebagian belum selesai direkonstruksi. Inilah bukti keberagaman masyarakat jaman dulu.

Wilayah disekitar candi Barong ini memang merupakan wilayah yang banyak sekali ditemukan peninggalan bersejarah masa klasik Hindu-Buddha, sebut saja, Candi Miri, Arca Ganesha Dawangsari, Arca Dhyani Bodhisatwa Sumberwatu. Beranjak agak lebih luas lagi, terdapat juga Cand Ijo, Candi Keraton Ratu Boko, Arca Agastya raksasa yang dikenal juga degan Arca Gupolo, Candi Banyunibo, dan sebagainya

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Close