KulonprogoNews

Batik Banyu Mili Karya Ibu Rumah Tangga asal Kulonprogo

Oleh-oleh batik motif abstrak ketika berlibur di Jogjakarta

JOGJATRAVEL.ID – Kulonprogo – Batik banyu mili adalah salah satu kreasi batik di Kulonprogo yang saban tahun terus berkembang. Beragam motif baru pun bermunculan. Mulai dari tema kuliner, seperti geblek renteng hingga pelbagai motif alam. Kini yang teranyar, ada batik motif abstrak.

Jenis batik banyu mili ini bisa menjadi oleh oleh khas ketika berlibur di Jogjakarta. Motif  batik sudah mulai dikenal oleh wisatawan ataupun masyarkat luas. Meskipun bila dibanding dengan motif-motif lain, motif batik ini belum begitu terkenal.

Batik banyu mili ini dapat ditemukan di Dusun Sembungan, Desa Gulurejo, Kecamatan Lendah. Pembuatnya merupakan seorang ibu rumah tangga bernama Murtini.

Adalah Murtini, seorang ibu rumah tangga  yang member nama batik banyu mili. Dalam pembuatannya, perempuan paruh baya tersebut mengkombinasikan antara metode batik ciprat dan batik tulis. Motif itu kemudian digabungkan dengan corak geblek renteng.

Murtini mengaku bahwa batik banyu mili telah diminati sejumlah konsumen dari dalam dan luar Kulonprogo. Kebanyakan di kawasan Pulau Jawa, tapi beberapa di antaranya sudah merambah hingga ke berbagai daerah di Indonesia.

Bagi yang berminat membeli produk lokal ini tak perlu khawatir perihal harga. Sebab perpotongnya hanya dihargai Rp 175.000 hingga Rp 300.000. Jika ingin dibuat busana siap pakai, seperti seragam atau gaun, hanya perlu menambah Rp 70.000. Sementara untuk mendapatkan blangkon bercorak abstarak, dijual seharga Rp 200.000 hingga Rp 250.000 per buah. (ROD)

Baca Juga :  Ini Tempat Ngopi Yang Tersembunyi
Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Close