DestinationsFeaturedGunungkidul

Tahura Bunder, Liburan Hemat dan Menyejukkan

Tempat yang cocok untuk liburan bersama keluarga di Jogjakarta

Tahura Bunder, Taman Hutan Rakyat Bunder atau yang lebih dikenali penduduk setempat sebagai Alas Bunder adalah tempat yang cocok untuk bersantai atau berlibur dengan keluarga. Pasalnya, disamping lokasi mudah dijangkau, juga tempat ini merupakan hutan yang teduh. Sedikit banyak bisa menghilangkan kejenuhan dan hiruk pikuk perkotaan,

Tahura Bunder awalnya hanya merupakan kawasan konservasi yang memiliki aneka ragam  flora dan fauna di dalamnya. Tamhura ini  juga merupakan hutan yang digunakan sebagai tempat riset bagipelajar, mahasiswa dan ilmuwan. Namun kemudian, dimanfaatkan oula peruntukannya termasuk dapat digunakan oleh masyarakat umum sebagai tempat wisata, camping ground dan juga menyediakan lokasi untuk outing.

Letak Tahura Bunder cukup strategis, persis di pinggir jalan utama Jogjakarta – Wonosari tepatnya di Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul. Bila sekedar istirahat sejenak, dari jalan raya, setelah melewati jembatan Sungai Oya, maka Anda bisa menemukan Tahura Bunder.

Bila memliki waktu cukup untuk liburan di Tahura Bunder ini,  eksplorelah lebih jauh. Anda dapat menghubungi petugas yang berjaga. Dari Rest Area Bunder maju lagi sekitar 100 meter, nanti akan menemukan jalan yang bercabang, disitu ada petunjuk untuk masuk Tahura, ambil cabang jalan kekiri, dan Anda pun sudah memasuki TahuraBunder.

Memasuki Tahura Bunder, pertama Anda akan disambut gerbang dan lorong pohon bambu ori yang teduh dan rapih. Maju beberapa meter, terdapat penunjuk arah keber bagai tempat seperti lokasi Rusa Timor, Taman Sekar Kedhaton, Pendapa Kunta Bima, Lokasi camping ground yang juga terdapat fasilitas flying fox, dan Pabrik minyak kayu putih.

Ketika liburan di Jogjakarta dengan waktu terbatas, Tahura Bunder ini juga cocok sebagai tempat singgah saja, Sekedar duduk-duduk santai di bawah rimbunan pepohonan, menenangkan diri dalam kesunyian suasana hutan dan melepaskan kepenatan.

Baca Juga :  Ini Tempat Ngopi Yang Tersembunyi

Bila liburan bersama keluarga dan anak-anak, mereka dapat bebas berlarian di dalam hutan yang sejuk ini. Dan bagi  penggemar jalan kaki, dapat mengambil jalur jalan kaki yang ada.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Close