DestinationsFeaturedGunungkidulWisata Pantai

Pantai Ngeden Pantai Tersembunyi Di Gunung Kidul

Pesona Pantai Asri untuk Berwisata di Yogyakarta

jogjatravel.id – Gunung Kidul – Pantai Ngeden adalah salah satu dari deretan pantai dengan pasir indah.  Deburan ombak memecahkan keheningan. Itulah yang tergambar ketika kita berwisata ke Gunung Kidul Yogyakarta. Banyak pantai yang sudah sangat dikenal oleh wisatawan di Gunung Kidul, sebut saja pantai Kukup, Indrayanti, Poktunggal dan lain sebagainya.

Memang kondisi geografis Gunung Kidul yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia menghadirkan pantai-pantai yang indah mempesona yang masih asri dan masih cukup tersembunyai dan layak untuk dinikmati adalah Pantai Ngeden.

Pantai Ngeden berada di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Letaknya agak sedikit tersembunyi, perlu menempuh jarak sekitar 28 km dari Kota Wonosari Yogyakarta atau dapat ditempuh sekitar 15 km melalui jalan menanjak dari Pantai Parangtritris Yogyakarta. Untuk memasukinya, selepas jalan aspal, Anda harus melewati jalan setapak yang masih diperkeras dengan bebatuan alam, namun inilah yang membuat pantai ini seperti surga yang tersembunyi.

Bagi wisatawan yang menyukai tempat yang tenang dan jauh dari hingar bingar, atau menginginkan camping di pantai, maka pilihan berwisata ke Pantai Ngeden ini sangatlah tepat.

Memasuki tempat ini Anda akan mendapati pemandangan yang luar biasa. Kontur pantai berbentuk dua cekungan semacam teluk, diapit oleh pegunungan karang dan bebatuan karst khas Gunung Kidul.

Anda bisa lanjut berjalan melalui jalan setapak agak menanjak ke arah sebelah kanan. Sekitar 50 meter, akan terlihat pantai berbatu karang yang sangat eksotis. Sebelum bibir pantai, datarannya agak lebih tinggi dan memiliki jarak dengan pantai sehingga memungkinkan untuk menggelar tenda, berkemah di hamparan rerumputan disana.

Camping di Pantai Ngeden Gunung Kidul Yogyakarta

Di sekitar pantai ini bisa juga untuk soft trekking. Jalur trekking yang lumayan menantang, menanjak menuju bukit karang dengan anak tangga sepanjang sekitar 400 meter.

Puas trekking dengan menikmati indahnya pantai Ngeden dari atas, kembali turun melewati jalan setapak, meskipun juga  terdapat turunan beberapa anak tangga Hamparan pasir putih yang cukup luas, dengan ombak sedang, telah menunggu.

Memang pantai ini belum begitu dikenal oleh wisatawan, namun sesungguhnya pantai Ngeden ini adalah surga tersembunyi di jajaran pantai Gunung Kidul Yogyakarta. (jogjatravel.id  / rin)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Close