GunungkidulNews

THE 1O1 Yogyakarta Tugu Tanam 1000 Pohon

Gerakkan Sustainable Tourism di Yogyakarta

jogjatravel.id – Yogyakarta –  Untuk mendukung pariwisata Yogyakarta yang berkelanjutan (sustainable tourism,) dan komitmen bersama di acara Earth Hour pada tanggal 30 Maret 2019, THE 1O1 Yogyakarta Tugu mengkampanyekan gerakan #OneManOneTreeChallenge dengan berpartisi pasi dalam program penanaman 1.000 bibit pohon di area seluas kurang lebih 1 hektar bersama dengan BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) dan elemen masyarakat lainnya yang di Suaka Margasatwa Paliyan, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Bibit tanaman yang ditanam merupakan tanaman native atau asli dari Gunung Kidul yang karakteristik tanahnya berupa tanah karst (batuan kapur). Ada sekitar 8 jenis tanaman yang di tanam antara lain: Pulai, Elo, Ipik, Bulu, Terbelo Pusuh, Mojo, dan Talok. Suaka Margasatwa Paliyan sendiri sebelumnya adalah merupakan hutan produksi Jati dan Mahoni sampai pada tahun 1998.  Setelah itu hutan ditebang habis dan menjadi hutan gundul. Atas prakarsa Kementerian Kehutanan dan JICA (Japan Internasional Cooperation Agency) gerakan penghijauan Hutan Paliyan di mulai kembali tahun 2000. Kemudian statusnya berubah menjadi hutan konservasi dan suaka margasatwa seluas 434 hektar yang di kelola oleh BKSDA sampai dengan sekarang.

Memperingati Hari Bumi oleh The 101 Hotel Yogyakarta Tugu

“Diharapkan gerakan penanaman pohon ini akan membantu ekosistem hutan menjadi lebih baik dan nantinya pohon-pohon ini akan berperan sebagai pengatur tata air yang bermanfaat bagi semua pihak terutama penduduk sekitar,”tutup Bhimo Putranto – Room Division Manager THE 1O1 Yogyakarta Tugu kepada jogjatravel.id

Apabila daerah yang ada di Yogyakarta hijau, sehingga dapat mendukung gerakan pariwisata Yogyakarta dan sapta pesona.

jogjatravel.id

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Close