DestinationsFeaturedGunungkidulWisata Alam

Sensasi Keindahan Gunung Ireng

Sorga Wisata Alam di Jogjakarta

jogjatravel.id – Gunung Kidul –  Jogjakarta selain memiliki destinasi sejarah seperti  candi Prambanan, kraton Jogjakarta, Benteng Vredeburg dan lain sebagainya, ternyata keindahan alamnya membuat kita berdecak kagum.

Salah satu yang perlu dikunjungi ketika Anda berada di Jogjakarta adalah sensai keindahan Gunung Ireng di Patuk Gunung Kidul Yogyakarta.

Ketika berada diatasnya kita serasa berada di atas awan dengan hamparan bukit dibawahnya yang diterpa sinar matahari.

Untuk menikmati indahnya panorama dari Gunung ireng ini disarankan ketika matahari terbit (sunrise), meskipun saat menjelalang sore (sunset) juga indah. Inilah salah satu sorga alam yang dimiliki oleh Jogjakarta.

Nama Gunung Ireng mungkin diambil dari batuan yang disana yang berwarna hitam. Dalam bahasa Jawa Ireng = Hitam yang terjadi karena proses alam selama lebih dari 20 juta tahun.

Dan Gunung Ireng ini terjadi karena adanya proses teknonik yang mengakibatkannya terangkat dan dalam proses ini menjadikannya banyak mengandung unsur Fe ( besi) sehingga menjadi lebih hitam.

Cerita legendapun menambah citra Gunung Ireng ini semakin unik.

Adalah seorang tokoh wayang bernama kisah Raden Bratasena pada zaman dahulu, menjadi sangat marah ketika melihat banyak kera sedang bermain bintang di puncak Gunung Merapi. Dengan marahnya dia menendang kelompok kera tersebut, akan tetapi tendangannya mengenai puncaknya Gunung Merapi yang mengakibatkan terlemparnya puncak tersebut ke segala penjuru. Termasuk salah satunya jatuh di padukuhan Srumbung dan pecahan puncak tersebut kemudian dinamakan Gunung Ireng karena warnanya hitam.

Gunung Ireng, Gunung Kidul Yogyakarta (Foto oleh Pengelola Gunung Ireng)

Untuk mencapai gunung Ireng ini tidak terlalu sulit. Dari pusat kota Jogjakarta hanya memerlukan waktu sekitar satu jam. Ambil arah ke kota Wonosari Gunung Kidul. Setalah melewati bukit bintang dan sampai di Patuk, belok kekanan. Hanya sekitar 100 m dari jalan raya, ambil jalan kekiri (yang jalannya menurun). Sekitar 3 – 4 km Anda akan menemukan tugu kecil, nah dari situ tunggal belok kanan sekitar 1 km. Sampailah Anda ke sebuah sorga alam yang ada di Jogjakarta, Gunung Ireng.

Baca Juga :  Museum Ullen Sentalu bukan Museum Membosankan !

jogjatravel.id

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Close