DestinationsFeaturedGunungkidulWisata Budaya dan Sejarah

Menikmati Alunan Rinding Gumbeng di Beji Gunung Kidul

Musik Tradisional Berbalut Legenda Dewi Sri

jogjatravel.id – Gunung Kidul -Banyak dari kita ketika berwisata di Jogjakarta, disuguhi  gamelan, siteran ataupun pertunjukkan jathilan.  Memang Jogjakarta kaya akan ragam budaya baik yang masih tradisional maupun kontemporer modern.

Mungkin Anda pernah mendengar atau bahkan belum pernah tahu ada musik Rinding Gumbeng.  Memang pertunjukkan musik ini jarang sekali ditemukan di Jogjakarta maupun tempat tempat lain.

Akan tetapi masyarakat di dusun Duren, desa  Beji, Kec. Ngawen, Gunung Kidul ini, mereka tidak hentinya melestarikan musik Rinding Gumbeng ini.  Bahkan musik Rinding Gumbeng ini sering sekali ditampilkan ketika dalam acara penerimaan tamu baik di daerah Jogjakarta maupun di luar DIY.

Meskipun tidak ada literature yang menjelaskan makna dan asal usul Rinding Gumbeng ini, akan tetapi cerita dari mulut ke mulut yang melegenda di masyarakat Gunung Kidul bahwa musik ini sudah ada sejak turun temurun keberadaannya.

Adalah sebuah kepercayaan dimana bahwa permainan musik  ini diyakini untuk memboyong keberadaan Dewi Sri saat panen padi tiba. Tak khayal, musik Rinding Gumbeng ini biasanya secara adat ditampilkan pada musim panen.

Dalam filosofi Jawa kuno dipercayai bahwa Dewi Sri dapat memberikan kesuburan tanah, sehingga hasil panen akan melimpah, dan untuk menghibur Dewi Sri, dibuatlah musik pengiring yakni Rinding Gumbeng.

Pada jaman sekarang musik ini ditampilkan saat ada acara di dusun Duren desa Beji, untuk menghibur tamu sekaligus melesetarikan budaya  nenek moyang.

Musik Bambu Rinding Gumbeng

Alat musik rinding adalah alat musik yang terbuat dari bambu, dan alat ini adalah alat tiup. Sedangkan gumbeng, terbuat dari bambu yang dipotong dan dibelah sesuai ukuran yang ditentukan. Selain itu ada juga kendang, gong dan kecrek yang semuanya terbuat dari bamboo.

Penasaran dengan music ini, Anda bisa berwisata ke dusun Duren, Desa Beji Kec. Ngawen, Gunung Kidul.

Sebagai kombinasinya Anda sebaiknya melakukkan trekking ke Hutan Adat Wonosadi.

Nah, banyak kan ragam budaya dan wisata di Jogjakarta ? Selamat berwisata ke Gunung Kidul Jogjakarta.

jogjatravel.id

 

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Close