DestinationsFeatured

Manjakan Mata di Kebun Bunga Magelang

Untuk rileks dan selfi di area Magelang

JOGJATRAVEL.ID, MAGELANG – Bila Anda berada di kota wisata Jogjakarta atau sedang di candi Borobudur, coba mampir ke kota Magelang yang hanya sekitar 1 – 1,5 jam perjalan dari Jogjakarta.

Apa yang ada dibenak kita saat mendengar Kota Magelang, Kupat Tahu sebagai makanan khas, Kota Militer atau Bukit Tidar yang tampak asri ditengah kota? Meski itu semua benar, tapi ada satu lokasi yang menawarkan pesona yang tak kalah apik dan mengingatkan kita pada Kota kecil ditengah pulau Jawa ini.

Ialah Kebun Bibit Senopati yang terletak di Jurangombo Utara, Kota Magelang ini. Selain dikenal dengan sederet kekhasan yang telah disebutkan tadi, Kota Magelang juga dikenal memiliki tagline sebagai Kota Sejuta Bunga.

Seolah menegaskan tagline tersebut, Kebun Bibit Senopati menghadirkan lokasi yang memiliki beragam koleksi bunga dan tanaman. Bahkan koleksinya, kata Muatip selaku penjaga kebun mengatakan koleksi di kebun itu hingga 550 jenis tanaman bunga.

“Varietas atau jenis tanaman yang ada di kebun bibit ini dipilih yang memiliki warna dan corak yang berbeda-beda. Jenis tanaman di sini mulai dari yang berakar tunggang, serabut, dikotil dan monokotil,” kata Muatip saat ditemui JOGJATRAVEL.ID belum lama ini.

Menambah estetika dan daya tarik, desain dan penataan taman pun, kata Muatip, dibuat semenarik mungkin. Tak asal-asalan, kebun ditata membentuk ranting dan dedaunan a la pepohonan, lengkap dengan gambaran daun, mahkota bunga.

“Kalau dilihat dari atas akan terlihat seperti ranting pohon, bunga dan daunnya,” katanya.

Warna bunga dan tanaman pun ditata dengan rapi, bunga juga dikelompokkan sesuai dengan warnanya, adapula yang dikelompokan sesuai dengan jenisnya sehingga nampak asri dan rapi.

Koleksi tanaman yang ada di kebun bibit juga banyak. Mulai dari anggrek tiga warna, begonia, pohon kepel, lidah mertua, bunga sepatu dan aneka bunga bawang.

Baca Juga :  Museum Ullen Sentalu bukan Museum Membosankan !

Selain itu, areal ini terdapat salah satu bangunan ikonik yang berbentuk seperti water tower sebagai ikon kota Magelang yang diletakkan di tengah areal seluas 3400 meter persegi ini.

Kebun Bibit Senopati sendiri juga memiliki bangunan dua lantai yang difungsikan untuk menyaksikan koleksi dari ketinggian. Kendati tak digunakan untuk pengembangbiakan, lantai dua ini juga tetap dihiasi dengan beragam tanaman gantung yang juga asri, senada dengan warna bangunan yang dibuat warna-warni.

Jika beruntung, pengunjung juga dapat berinteraksi dengan penjaga dan belajar banyak hal mengenai varietas dan tanaman yang ada di kebun bibit tersebut.

Untuk menikmati beragam warna-warni ratusan jenis tanaman bunga ini, pengunjung tak dipungut biaya sama sekali alias gratis. Hanya biaya parkir saja itupun tidak mesti ada.

Kebun Bibit Senopati Magelang

Untuk menuju lokasi dari kebun bibit ini pun cukup mudah, posisinya berada di selatan Taman Kyai Langgeng Kota Magelang atau sebelah utara SMA Negeri 4 Magelang. Tepatnya di seberang Kupat Tahu Pak Pangat Magelang.

Kebun Bibit Senopati dapat dikunjungi setiap hari. Untuk jam operasionalnya, selama weekday (Senin-Kamis) jam 08.00 – 16.00 Wib sedangkan untuk weekend (Sabtu – Minggu) jam 08.00 – 18.00 Wib.

“Namun kita mewanti-wanti kepada pengunjung, karena ini gratis supaya tidak merusak fasilitas dan tanaman, tidak menginjak rumput dan tidak mencoret-coret bangunan/tanaman, dan kita sarankan untuk tidak memegang tanaman apalagi memetik dan merusak,” tegas Muatip.

Muatip menambahkan, Kebun Bibit ini juga menerima rombongan yang ingin berkunjung dan belajar mengenai bercocok-tanam. Syaratnya hanya mengajukan surat pengantar yang ditujukan kepada Dinas Pertanian Kota Magelang.

Bila Anda mau berkunjung ke tempat lewat jalan udara atau dengan kereta api bisa melalui Yogyakarta, Semarang, ataupun Solo.(oho)

Baca Juga :  Museum Ullen Sentalu bukan Museum Membosankan !

JOGJATRAVEL.ID

 

 

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Close