DestinationsFeaturedKota JogjaWisata Budaya dan Sejarah

Menelusuri Lorong Kotagede

Mengenang Kejayaan Mataram Islam

jogjatravel.id – Berwisata ke Jogjakarta, salah satunya berkunjung ke Kota Gede yang merupakan cikal bakal kota kerajaan Jogjakarta. Ya, sambil mengingat sejarah perjuangan pendiri keraton Yogyakarta, tempat yang berlokasi di tenggara kota Jogjakarta ini sangat cocok untuk dikunjungi dan untuk berwisata di daerah Yogyakarta.

Semula Kotagede merupakan nama dari sebuah kota yang menjadi ibu kota Kerajaan Mataram Islam. Kotagede mendapat julukan sebagai kota perak, pasti kalian bertanya tanya, kok bisa mendapat julukan seperti itu? Karena disana banyak masyarakat yang bermatapencaharian sebagai pengrajin perak.

Bukan hanya perak yang menarik disana,ketika kita menelusuri  Kota Gede banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Disini kita masih bisa melihat bangunan bangunan berarsirtektur  unik yang masih mempertahankan gaya tempo dulu, tentunya sangat cocok untuk spot foto yang instagrameble.

Masjid Gedhe Mataram yang merupakan masjid tertua di Yogyakarta, memiliki perbedaan dengan masjid pada umumnya karena pada sisi depan bagian masjid ada gapura yang ada di Bali yang banyak disebut sebagai rana/ kelir yang bercorak Hindu / Budha.

Tidak jauh dari masjid, terdapat makam Raja raja Mataram yang biasa dikunjungi untuk berziarah. tidak setiap hari makam ini dibuka ada hari hari tertentu. Senin pukul 09.30–16.00, Kamis pukul 09.30–16.00 , Jumat pukul 13.00–16.00 dan Minggu pukul 09.00–16.00.

Masih berada pada kompleks bangunan masjid, disebelah selatannya terdapat sebuah sendang (kolam kecil) yang bernama Sendang Seliran.  Sendang ini terbagi menjadi dua bagian yaitu Sendang Kakung dan Sendang Putri

Jadi jangan lewatkan, bila berwisata ke Jogjakarta, singgah juga ke Kotagede.

Jogjatravel.id

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Close