Kota JogjaKuliner

Segarnya Soto Pites Mbah Galak

Legendaris Soto di Beringharjo Jogjakarta

YOGYAKARTA—Berwisata ke Jogja rasanya kurang kalau tidak mampir ke Pasar Beringharjo di kawasan Malioboro. Di pasar tradisional ini wisatawan bisa membeli souvenir, baju, bahan makanan, dan lainnya. Tetapi, ada daya tarik lainnya yaitu kuliner. Salah satu kuliner legendaris adalah Soto Pites Mbah Galak yang sudah turun-temurun.
Soto Pites Mbah Galak ini sudah ada di Pasar Beringharjo sejak tahun 1970-an. Awalnya, soto ini dikelola oleh Mbah Harjo sebagai generasi pertama. Tidak ada nama khusus saat itu. Hanya pelanggan yang sering menyebut soto buatannya sebagai soto Mbah Galak.
Rupanya, Mbah Harjo adalah sosok yang dikenal galak. Tetapi, ia sangat sayang pada anak kecil.
Rasa soto ini segar dan membuat ketagihan. Selain itu, porsi soto yang cukupan atau tidak terlalu banyak membuat perut nyaman.
Setelah Mbah Harjo, pengelolaan soto kemudian diwariskan ke Mbah Sutri yang juga sama galaknya. Kemudian pengelolaan diserahkan kepada keponakannya Eni dan Hariyadi pada 2014 setelah Mbah Sutri meninggal. Cita rasa pun dijaga agar tidak berubah sehingga para pelanggan tetap setia.
Hariyadi mengatakan nama soto pites dipilih karena proses cabai yang akan dimasukkan ke dalam soto dipites (digencet) di tepian mangkok. Nama yang unik itu mampu menarik perhatian wisatawan yang mengunjungi Pasar Beringharjo. Harga satu mangkok soto pites Rp10.000. Untuk soto ayam, baru disediakan setelah Lebaran 2015 karena banyak permintaan.
Suasana Soto Pites Mbah Galak Jogja
Jangan kaget, porsi soto di sini memang kecil. Pelanggannya justru tidak senang kalau porsinya dibuat besar karena tidak sesuai dengan soto pites yang diwariskan. Untuk minuman, ada resep turun-temurun yakni minuman kolang-kaling yang dicampur jeruk nipis sehingga lebih segar. Penyajiannya bisa dingin maupun hangat. Harganya Rp4.000 per gelas.
Saat ini, Soto Pites Mbah Galak juga bisa ditemui di Cik Di Point di seberang Mirota Kampus. Di sini menunya lebih beragam. Ada soto sapi, soto oseng, nasi telur, nasi sapi lada hitam, hingga mendoan. Baik di Beringharjo maupun Cik Di Point, Soto Pites Mbah Galak tutup setiap Jumat. (Mini)
Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Close