DestinationsSleman

Kampung Flory, Sinergi Wisata Kuliner, Petualangan dan Edukasi di Sleman

Yogyakarta gudangnya tempat wisata. Kampung Flory, salah satunya. Perpaduan agrowisata, outbound, dan kuliner ini mampu mencuri hati wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini.
Mencari lokasi Kampung Flory tidak sulit. Cukup mencari lewat aplikasi Google Maps, maka ponsel pribadi akan menuntun Anda sampai tujuan.
Tempat wisata yang berada di kawasan kompleks Pemkab Sleman ini berdiri sejak 2016. Keberadaannya dikenal lebih dulu lewat kuliner Iwak Kalen, walaupun konsep agrowisata menjadi pelopor berdirinya Kampung Flory.
Selain memamerkan dan mengedukasi pengunjung lewat beragam tanaman dan buah, Kampung Flory juga menyediakan fasilitas outbound. Wisata outbound ini mampu menyedot wisatawan murid TK dan sekolah dasar.
“Semuanya bersinergi, kuliner, outbound, dan edukasi soal tanaman, jadi wisatawan bisa terhibur dan menambah wawasan dari tiga hal itu,” ujar Redy Nurhadi, pengelola Kampung Flory, baru-baru ini.
Kampung Flory memiliki luas 6,5 hektare. Keberadaannya dikelilingi ribuan tanaman, termasuk tanaman yang tidak ditemui di Sleman, misal pohon pule yang banyak tumbuh di Gunungkidul.
Untuk mengakses dan menikmati kuliner di tempat ini, wisatawan bisa membeli dalam bentuk paket outbound atau terpisah. Rentang harga paket bervariasi mulai dari Rp 45.000. Sedangkan kuliner yang dibeli terpisah dijual sangat terjangkau, mulai dari Rp 5.000.
Semula, Kampung Flory memiliki konsep pengembangan tanaman hias dan buah untuk menyuplai kebutuhan di Yogyakarta. Ide yang muncul pada pertengahan 2014 itu digagas oleh kelompok ronda di Jugang, Tridadi, Sleman.
Kebanyakan pemuda di sana keluar dari Yogyakarta untuk bekerja, sebagian juga masih ada yang menganggur. Mereka memiliki mimpi untuk membangun sesuatu.
Pengembangan bibit tanaman awalnya hanya di halaman rumah masing-masing. Usaha itu berkembang dan mereka menyewa lahan seluas satu hektare.
Seiring waktu berjalan, mereka merasa perlu diversifikasi usaha dan menggandeng Iwak Kalen. Jadilah, Kampung Flory yang menyediakan wisata lengkap dan menjadi alternatif tempat untuk dikunjungi wisatawan sampai saat ini. (Gwen)
Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Close