Destinations

Liburan Sambil Belajar Di Kebun Binatang Gembira Loka

Liburan, menjadi moment yang sangat penting di dalam kehidupan kita. Melalui liburan, kehidupan seseorang akan menjadi lebih baik karena produktivitas akan mengalami peningkatan mengingat beban pekerjaan dalam kurun waktu tertentu dapat sejenak dilupakan.
Liburan juga mampu meningkatkan kualitas hubungan kekerabatan dan kekeluargaan sebuah keluarga. Melewatkan liburan bersama dengan keluarga mampu menciptakan keharmonisan dan berakhir dengan kebahagiaan.
Bagi keluarga yang tak memiliki cukup waktu untuk berlibur bisa memilih liburan di lokasi yang tak jauh dari kediaman mereka. Liburan tidak berarti harus pergi ke luar kota dengan menempuh perjalanan cukup lama. Liburan di dalam Kota juga bisa dilakukan, bahkan juga sekaligus memberikan pembelajaran bagi anak.
Di Kota Yogyakarta, salah satu destinasi yang mampu pengunjung domestik adalah Kebun Binatang Gembira Loka.
Staf Direksi Gembira Loka Agung Wibowo menuturkan libur akhir pekan, libur sekolah, libur lebaran ataupun pergantian tahun biasanya menjadi moment kunjungan wisatawan ke wahana edukasi keluarga ini meningkat. Agenda  liburan di Kebun Binatang Gembira Loka menyebabkan kunjungan didominasi kelompok keluarga.
“Kelompok study tour juga banyak kita dapati. Karena Gembira Loka mampu menyajikan liburan yang komplit,”tuturnya.
Dengam kondisi Yogya yang makin padat maka tingkat kunjungan rata-rata mampu menembus angka 20.000 perharinya. Tahun 2018 lalu target kunjungan wisatawan telah terlampaui dengan berbagai inovasi layanan dengan mengedepankan wisata edukasi.
Kontribusi kunjungan selama 2018 salag satunya terdongkrak saat libur lebaran pertengahan tahun. Di mana saat itu jumlah pengunjung selama musim liburan Lebaran terhitung mulai tanggal 15 Juni hingga 21 Juni 2018 mencapai angka 74.970 orang.
“Pembenahan dan kelengkapan wahana yang ada. Sehingga tak hanya mengandalkan keberadaan satwa, melainkan wisatawan juga bisa mendapat edukasi juga interaksi,”tambahnya.
Ia menambahkan, sejak libur lebaran tahun ini, Gembira Loka melakukan inovasi di bidang edukasi melalui program PES atau Presentasi dan Edukasi Satwa. Program ini bertujuan untuk memberikan edukasi bagi pengunjung mengenai perilaku satwa khususnya burung di habitat aslinya.
Dalam program PES ini menampilkan jenis- jenis burung paruh bengkok dan berbagai macam elang yang tergabung dalam kelompok raptor. Puluhan burung tersebut terbang bebas di atas danau Mayang Tirta, bermanuver menghibur pengunjung dan memberikan nilai lebih dalam bentuk edukasi.
“Gembira Loka sejak tahun ini juga telah menyempurnakan wahana edukasi Petting Zoo atau wahana hewan peliharaan yang semakin lengkap,”tambahnya.
Dalam wahana tersebut pengunjung khususnya anak anak bisa berinteraksi langsung dengan satwa seperti keledai, domba batur, kuda poni, rusa tutul, kelinci, marmut, kura-kura Sulcata dan kambing Ceko.(Ing)
Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Close