FeaturedNews

Sambut Tahun Baru, Bandara Adisutjipto Gelar Kirab Budaya

Semarak Budaya Menyambut Tahun Baru 2019” Kirab Kereta Kencana Adisutjipto, sebuah kegiatan yang menjadi agenda terakhir penghujung tahun yang diselenggarakan oleh PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta. Kegiatan ini PT Angkasa Pura I lakukan sebagai bentuk penghargaan pada salah satu ikon budaya Yogyakarta.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto, Agus Pandu Purnama mengatakan, acara ini diselenggarakan dengan tujuan mendukung potensi wisata budaya baik yang berada di wilayah  Yogyakarta maupun sekitarnya.  Tujuan ini selaras dengan komitmen PT Angkasa Pura I (Persero) dalam sinergi BUMN untuk mendongkrak  potensi pariwisata di wilayah Joglosemar.

“Komitmen ini didukung pula dengan semangat untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna jasa bandar udara, di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta. Harapannya pengguna jasa Bandar udara dapat turut merasakan nuansa seni  budaya dan pariwisata Indonesia melalui gerbang utama ke suatu wilayah yaitu Bandara,”tutur Pandu.

Kirab Kereta Kencana Adisutjipto diselenggarakan dengan melibatkan 198 orang Bregada dalam rangkaian  yang terdiri dari Bregada Wira Waskita Lanud Adisutjipto, Bregada Putri Srikandi Maguwo, Bregada Gotri Seloaji Maguwo, Bregada Singonkerti, dan Bregada Sambilegi mengikuti rangkaian Kereta Kencana Adisutjipto yang ditarik oleh 4 (empat) ekor. Kuda Putih. Turut pula Duta Bandara Adisutjipto yang berada di  dalam Kereta Kencana Adisutjipto, serta dilengkapi dengan Pasukan Pengombyong.

Agus menambahkan, Kirab Kereta Kencana disertai dengan Jamasan (memandikan) kereta di Bandara Adisutjipto Yogyakarta mampu menjadi bandara ini adalah yang pertama menyelenggarakan Kirab Kereta Kencana sebagai  agenda rutin setiap tahunnya. Kegiatan ini juga menjadi salah satu upaya bandara Adisutjipto dalam mendukung Keistimewaan DIY.

“Rangkaian Kirab Kereta Kencana dapat dinikmati oleh masyarakat umum yang berada di area Bandara  Adisutjipto dan Jalan Raya Solo. Karena selepas dari titik start Taman  Budaya Borobudur Bandara Adisutjipto, rangkaian Kirab akan melalui Jalan Raya Solo sampai dengan pertigaan Tugu Garuda Maguwo (depan Hotel  Sheraton Yogyakarta), kemudian dilanjutkan ke arah Selatan menuju jalan akses masuk ke Lanud Adisutjipto dan kembali lagi ke Taman Budaya Borobudur Bandara Adisutjipto Yogyakarta,”tambahnya.

Pandu menambahkan, kegiatan Kirab ini merupakan yang kedua dilaksanakan oleh PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Adisutjipto. Sebab, kegiatan yang sama pernah dilaksanakan di penghujung tahun 2017 lalu. Ia menandaskan, Kirab Budaya ini menjadi agenda tahunan yang diselenggarakan setiap penghujung tahun.

Ia menjelaskan, Kereta Kencana Adisutjipto ini merupakan salah satu ikon budaya Yogyakarta yang telah dihadirkan di Bandara Internasional Adisutjipto pada tanggal 19 Juni 2016 lalu. Ini menjadi di komitmen kami dalam memberikan pelayanan dan kenyamanan kepada pengguna jasa bandara, sekaligus sebagai upaya mendukung potensi seni budaya dan pariwisata serta kearifan lokal di Yogyakarta. (Ing)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Close