FeaturedNews

Tol Trans Jawa Pengaruhi Jumlah Penumpang Pesawat Terbang

Jumlah Penumpang Mengalami Penurunan

Operasional tol Trans Jawa antara Surabaya hingga Jakarta secara gratis pada liburan Natal dan Tahun Baru kali ini berpengaruh terhadap dunia penerbangan, khususnya Yogyakarta. Akibat beroperasinya tol Trans Jawa secara gratis hingga pergantian tahun, jumlah penumpang pesawat terbang mengalami penurunan.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto, Agus Pandu Purnama mengakui jika beroperasinya t Trans Jawa secara gratis kali ini memang berpengaruh terhadap jumlah pengguna pesawat terbang. Kendati demikian, pengaruh operasional Tol tersebut tidak terlalu signifikan.

“Sebelumnya H-3 itu pihaknya memprediksi ada kenaikan jumlah penumpang hingga 8,2 persen, namun realisasinya kurang dari 8 persen disbanding hari biasa. Kami awalnya prediksi tembus 28 ribu, tetapi realisasinya turun menjadi sekitar 27.350an,”ujarnya.

Menurutnya, penurunan jumlah penumpang tersebut karena beberapa faktor. Salah satu di antaranya adalah beberapa penerbangan yang mengalami keterlambatan akibat faktor cuaca. Bahkan bandara sempat ditutup akibat visibility yang terbatas dan dinilai membahayakan penerbangan.

Seperti diketahui, bandara Adisutjipto merupakan bandara yang ukurannya memang kecil dengan panjang runway hanya sekitar 2.400 meter. Runway yang pendek ini memang berpengaruh terhadap penerbangan baik ketika lepas landas ataupun ketika mendarat. Sehingga bandara ini hanya bisa didarati dengan pesawat kecil.

Tak hanya itu, berdasarkan informasi yang berhasil ia dapat dari penumpang, saat ini ada beroperasinya tol Trans Jawa ini menyebabkan jarak tempuh semakin cepat. Di mana dari Surabaya ke Yogyakarta hanya sekitar 4 jam, tentu ini banyak yang penasaran ingin mencoba sehingga lebih memilih menggunakan kendaraan darat dibanding dengan menggunakan pesawat terbang.

“Pengaruhnya memang ada tetapi tidak signifikan kok. Hanya sedikit,”paparnya.

Komisaris Utama PT Angkasa Pura I Ali Mochtar Ngabalin saat melakukan inspeksi di Bandara Adisucipto Yogyakarta

Komisaris Utama PT Angkasa Pura I Ali Mochtar Ngabalin mengungkapkan, liburan panjang seperti Natal dan Tahun Baru ini menjadi moment kenaikan jumlah penumpang pesawat terbang. Dari beberapa bandara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura I menunjukkan jika memang ada kenaikan jumlah penumpang dibanding dengan hari-hari biasa. Seperti di Bandara Adisutjipto, ada lonjakan penumpang dibanding hari biasa.

“Tadi saya mendapat penjelasan dari pak GM (Agus Pandi Purnama) ada lonjakan penumpang dari 23 ribu di hari biasa menjadi 27 ribu,”tuturnya saat meninjau pos Natal Dan Tahun Baru di Bandara Adisutjipto, Selasa (25/12) malam.

Dari beberapa laporan yang ia terima, beroperasinya tol Trans Jawa memang berpengaruh terhadap jumlah penumpang pesawat terbang. Namun demikian, beroperasinya tol Trans Jawa tersebut tidak mempengaruhi volume penumpang harian yang menggunakan pesawat terbang. Karena masyarakat penasaran dengan keberadaan tol Trans Jawa tersebut sehingga ingin mencoba.(Ing)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Close