DestinationsRekomendasiSlemanTourWisata Alam

Menikmati Panorama 5 Gunung dari Puncak Spot Riyadi

Yogyakarta sepertinya tidak pernah kehabisan tempat destinasi wisata baru. Selalu ada tempat baru yang bisa dijadikan spot wisata, salah

satunya puncak di Spot Riyadi. Di spot riyadi pengunjung dimanjakan dengan panorama alam menjulangnya Gunung Merapi dan megahnya Candi Prambanan.

Spot riyadi, adalah salah satu tempat yang terletak di perbukitan Prambanan. Spot Riyadi Berada di padukuhan Dawangsari, Desa Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Spot Riyadi kini mulai ramai dikunjungi oleh wisatawan yang berburu foto di atas kesejukan dan ketenangan alam raya.

Halam rumah dari RIyadi tersebut kini sudah menjadi destinasi wisata baru dan menjadi alternatif melewatkan senja di Jogja bagian timur. Di tempat inilah, pengunjung bisa menikmati panorama megahnya candi prambanan dan menjulangnya 5 gunung yang terletak di perbatasan yogyakarta dan jawa tengah.

“Kata pengunjung, puncak Spot Riyadi ini menjadi salah satu titik untuk berburu matahari terbit sekaligus terbenamnya matahari pulang keperaduannya bagi para fotografer,”tutur pemilik lahan, Riyadi.

Spot Riyadi sebenarnya merupakan halaman depan rumah milik warga padukuhan dawangsari bernama Riyadi, yang dimanfaatkan untuk dikelola sebagai destinasi wisata baru. Bapak Riyadi ini mulai memoles halaman rumahnya sejak 2014 yang lalau dengan dipercantik untuk lebih nyaman melihat keindahan panorama alam prambanan dari atas puncak perbukitan.

Ide mempercantik halaman tersebut ia dapat ketika banyak para pecinta olah raga sepeda yang istirahat di depan rumahnya lantas berfoto-foto.

Kian hari kian banyak pegowes yang berhenti dan berlama-lama di halaman rumahnya tersebut. Dan sejak saat ini, tempat ini telah menjadi menu wajib para pecinta sepeda untuk beristirahat.

“Sekarang, tempat ini rest area bagi goweser atau pecinta olah raga sepeda hanya sekedar menikamti secangkir kopi pagi dan lezatnya pisang goreng sebelum melanjutkan perjalanan. Panorama keindahan alam dari Spot Riyadi ini seakan membuat pengunjung serasa dimanjakan oleh Sang Pencipta. Di sisi utara menjulang megah gunung merapi dan jika cuaca sedang cerah maka akan terliht 2 pasang gunung kembar, yaitu Merapi-Merbabu, Sumbing-Sindoro serta di diarah timur laut bertengger gunung lawu. jika dipagi hari nampak jelas candi prambanan yang masih berselimut kabut dan beberapa candi lainnya seperti Candi Sewu, Plaosan Dan Soujiwan.

Tak hanya itu, di malam hari, spot Riyadi juga elok untuk dikunjungi. Sebab, dari tempat ini, pengunjung yang datang akan disuguhi panorama kerlap-kerlip lampu kota yogyakarta di sisi barat dan suasana kota klaten di sisi timur. Lokasi ini memang sangat cocok untuk melepaskan penat dari beban pekerjaan yang bertumpuk.

Untuk mempercantik Spot Riyadi, pegelola juga membuat sebuah taman yang penuh dengan berbagai bunga. Di tempat itu juga dibangun sebuah jembatan, yang diberi nama jembatan cinta untuk memberikan ruang bagi pengunjung berswafoto. Namun untuk berkunjung di malam hari hanya dibatasi hingga jam 12 malam saja.

Sebuah kedai kopi lengkap dengan berbagai menu makanan desa pun disediakan dia area spot riyadi. Pengunjung bisa berlama-lama menikmati panorama alam prambanan di pagi hari maupun pada malam hari sembari memesan dan menikmat kopi hangat dan berbagai kudapan khas lereng prambanan.

“Untuk menjangkau ke sini cukup mudah. Dari Prambanan tinggal belok ke selatan ke arah Piyungan. Usai Polsek Prambanan sebelah selatan perlintasan kereta nanti ada gang ke kiri, masuk saja,”paparnya.

Saat ini Spot Riyadi telah terkoneksi dengan jeep wisata yang beroperasi di lereng prambanan yang menghubungkan beberapa destinasi wisata yang ada di sana. Pengunjung akan diantar dengan jeep wisata dengan rute spot riyadi-candi barong-tebing breksi-candi ijo.(lng)

 

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Close