GunungkidulNews

Wow Sudah 2,754 Juta Orang Berwisata Ke Gunungkidul Tahun Ini

Pantai Indrayanti, Gua Pindul, Gunung Api Purba Nglanggeran adalah sekelumit destinasi wisata yang ada di Gunungkidul. Keramahan masyarakat Gunungkidul ditambah dengan kulinernya yang ngangeni dan membuat penasaran karena terkenal dengan kuliner ekstrim ternyata mampu menjadi daya tarik tersendiri wisatawan untuk berkunjung ke wilayah ini.

Dan ternyata, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Gunungkidul tahun ini memang sudah cukup banyak. Hingga pertengahan bulan Desember 2018 ini, Dinas Pariwisata Gunungkidul telah mencatat jumlah wisatawan baik mancanegara ataupun domestik yang berkunjung di Kabupaten Gunungkidul telah mencapai 2,754 juta orang.

Tentu hal ini membawa dampak positif bagi kabupaten yang dulunya menjadi wilayah dengan angka kemiskinan tertinggi dibanding dengan Daerah Tingkat II lainnya di DIY. Pendapatan Asli Daerah yang berhasil didapat dari sektor Pariwisata tahun ini memang nilainya cukup besar, bahkan mendudukkan pariwisata menjadi leader pemasukan ke kas daerah.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Harry Sukmono mengatakan hingga pertengahan bulan Desember ini, Dinas Pariwisata baru mendapatkan PAD sekitar Rp 22,019 miliar. Berdasarkan Anggaran

Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2018 ini, Dinas Pariwisata mendapat beban target untuk menggapai Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp 28,276 miliar.

Eksotisme pasir putih di Pantai kawasan Gunungkidul menjadi salah satu magnet wisatawan untuk berlibur ke wilayah ini.

“Namun kami berharap banyak terhadap moment libur akhir tahun dan malam tahun baru mendatang. Pihaknya menargetkan untuk dapat mengumpulkan PAD sebesar Rp 6 miliar melalui moment libur akhir tahun tersebut,”tuturnya.

Harry mengungkapkan, seretnya penerimaan dari sektor Pariwisata pada tahun ini lebih banyak dikarenakan faktor alam. Kontribusi penerimaan PAD dari penjualan tiket masuk ke obyek wisata kawasan pantai Gunungkidul jauh berkurang dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya.

Pasalnya, seperti diketahui tahun ini Pantai Selatan Pulau Jawa termasuk di Gunungkidul sempat dihantam beberapa kali bencana. Ombak besar akibat siklus alam yang tidak berpihak juga sempat mengakibatkan wisatawan takut untuk liburan di Pantai. Sebab, gelombang tinggi juga sempat memporakporandakan kawasan sepanjang pantai Gunungkidul.

“Beberapa bulan lalu infrastruktur dan fasilitas milik masyarakat yang berada di Pantai banyak yang rusak. Wisatawan enggan untuk berlibur ke Pantai,”ujarnya.

Untuk menambah jumlah kunjungan wisatawan ke Gunungkidul, pihaknya akan mengadakan beberapa event pertunjukkan akhir tahun dan malam pergantian tahun di obyek-obyek wisata tertentu. Sehingga dengan adanya pertunjukkan tersebut nantinya mampu menyedot wisatawan sekalipun hanya wisatawan lokal.

“Sekali lagi kami tandaskan, Gunungkidul aman untuk dikunjungi,”tambahnya. (Ing)

 

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Close