Destinations

Keindahan Istana Air Taman Sari

ISTANA Air Taman Sari yang merupakan sebuah kompleks istana yang terdiri dari beberapa macam bangunan, antara lain terkenal untuk pemandian permaisuri dan putri-putri raja, sistem benteng pertahanan, tempat meditasi raja, tempat membuat batik dan sebagainya.

Tamansari merupakan sebuah komplek sistematis yang lebih banyak menonjolkan artistik pada bagian kolam dan air yang sangat indah. Kompleks Taman Sari tidak lepas dari cerita sejarah Kraton Yogyakarta dengan menawarkan keindahan dan keunikan bangunan yang dulunya merupakan taman istana kraton. Taman Sari selalu menarik perhatian wisatawan dan merupakan salah satu wisata populer yang wajib dikunjung kerita berlibur ke DIY.Kompleks Taman Sari yang dibangun ketika pada tahun 1758 hingga 1769 oleh Sultan HB I ini setidaknya dapat dibagi menjadi empat bagian. Bagian pertama adalah danau buatan yang terletak di sebelah barat. Bagian selanjutnya adalah bangunan yang berada di sebelah selatan danau buatan antara lain pemandian Umbul Pasiraman.

Bagian ketiga adalah Pasarean Ledok Sari dan Kolam Garjitawati yang terletak di selatan bagian kedua. Bagian terakhir adalah bagian sebelah timur bagian pertama dan kedua dan meluas ke arah timur sampai tenggara kompleks Magangan Kraton Yogyakarta.Meskipun kondisinya berbeda dengan ketika Istana Air Taman Sari ini dibuat, namun kondisinya masih tetap terjaga dan masih nampak sebagian besar yang bisa menjadi simbol keunikan dan artistik dari bangunan tersebut. Bangunan-bangunan yang masih tersisa misalnya Sumur Gumuling, Gedhong Gapura Hageng didekat pintu masuk, Umbul Pasiraman, Gedhong Gapura Panggung dan beberapa bangunan yang hendak menuju ke Sumur Gemuling yang sekarang menjadi pemukiman penduduk.

Keindahan area pemandian putri-putri raja di Istana Air Taman Sari

 

Pesona istana air yang menawan dipadukan dengan bangunan bergaya Eropa, Hindu, Jawa dan Cina ini menjadikan Taman Sari sebagai wisata sejarah yang tentunya sulit dilewatkan apabila bertandang ke DIY, khususnya Kota Yogyakarta. Kompleks Taman Sari dibuka setiap hari sejak pukul 09.00 hingga 14.00 WIB dengan harga tiket Rp 5.000 bagi wisnus dan Rp 12.000 bagi wisman. (Ani)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Close