Destinations

DIY Surganya Wisata Heritage

DIY kaya akan destinasi wisata heritage yang tidak hanya sekedar bangunan tempo dulu hasil budaya manusia, tetapi warisan bentang alam karunia Tuhan. Wisata heritage inilah yang menjadi daya tarik atau magnet tersendiri bagi wisatawan umum maupun wisatawan minat khusus baik dari nusantara maupun mancanegara. Tidak bisa dipungkiri wisata budaya sangat menonjol di DIY, salah satunya wisata heritage dan budaya masyarakat. Wisata heritage sangat terkenal di DIY karena merupakan warisan budaya.

Titik Nol Kilometer yang dikelilingi bangunan heritage

Dalam pengertian, wisata heritage merupakan hasil budaya masyarakat yang terdahulu antara lain kawasan Kotagede, Tamansari, Kraton Yogyakarta, Candi Prambanan dan candi-candi lainnnya. Bahkan Yogyakarta Banyaknya candi-candi yang ada di DIY ini akhirnya Yogyakarta mendapat julukan sebagai kota seribu candi.

Jika digali lebih lanjut, sebenarnya masih banyak potensi wisata bangunan cagar budaya dan bersejarah yang menarik namun sayangnya belum banyak diketahui masyarakat umum. Bisa dikatakan DIY adalah surga bangunan heritage dan bersejarah yang saat ini masih sebatas wisata minat khusus semata karena belum banyak wisatawan yang tertarik. Tidak hanya sekedar keindahan arsitektur bangunnya semata, berbagai bangunan heritage di DIY yang merupakan saksi bisu sejarah ini mempunyai makna filosofi tersendiri.
Nilai-nilai filosofi inilah yang harus diwariskan kepada generasi mendatang sehingga masyarakat DIY perlu didorong untuk lebih mencintai peninggalan bangunan cagar budaya didaerahnya. (Ani)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Close